(Beritadaerah – Komoditi) Kehadiran peternakan sapi potong Sukamara Ranch di Desa Cabang Barat, Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah, bertujuan mewujudkan swasambeda daging.

“Perusahaan ini baru berumur 150 hari. Dalam beberapa bulan ini, kita baru mulai mengembangkan untuk menanam rumput, membuat jalan poros, serta membangun pagar sepanjang 174 meter secara bertahap,” kata Manajer Sukamara Ranch, Dwi Hartanto, Rabu, 10 Februari 2021.

Meskipun baru, Sukamara Ranch mempunyai visi dan misi yang sangat jelas dalam membangun peternakan sapi potong.

“Misi kami adalah mengembangkan usaha pembibitan sapi potong di Sukamara dengan profesional, berkelanjutan, terus-menerus, sustainable tanpa mengabaikan atau meninggalkan aspek bisnis yang menguntungkan,” ujarnya. Sukamara Ranch akan memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap peternak terkait pengembangan sapi unggul.

“Misinya, merintis, memacu, dan memicu peran serta secara konkret dari pihak swasta seperti Sukamara Ranch dalam menuju swasembada daging atau ketercukupan daging di Indonesia,” tambah Dwi. Dwi Hartanto menjelaskan, pemerintah daerah telah menyiapkan sekitar 20 ribu hektar dengan target 10 ribu ekor sapi. Tujuannya, untuk menjadi swasembada daging untuk Kalteng dan Indonesia.

Saat ini, jumlah sapi yang tersedia masih sekitar 2000 ekor, Dwi berharap dengan dukungan dari Menteri Pertanian dan Gubernur Kalimanatan Tengah, maka target jumlah sapi 10.000 ekor dapat terpenuhi dengan lebih cepat.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.