(Beritadaerah – Nasional) Program bantuan berupa chest freezer atau peti beku dan peralatan pengolahan ikan kepada Unit Pengolahan Ikan (UPI) berskala Usaha Kecil Mikro (UKM) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan dilaksanakan kembali pada 2021. KKP melihat keberhasilan program ini yang terbukti efektif dan dirasakan secara langsung oleh penerimanya.

Seperti contoh yakni Kelompok UKM Bale Bahari dari Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang merasakan langsung dampak positif dari bantuan peralatan bakso ikan yang diberikan KKP melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP).

Ketua Kelompok UKM Bale Bahari Anita Puji Lestari menyampaikan setelah menerima bantuan peralatan pengolahan, kelompok kami mampu meningkatkan produksinya yang semula hanya 1,5 kg per hari sebanyak 15 kali perbulan menjadi 7 kg per hari sebanyak 26 kali sebulan. Kelompoknya saat semangat berproduksi dan dibarengin dengan keberhasilan pemasaran yang dilakukan melalui online, door to door, secara langsung ataupun melalui reseller.

Tak hanya UKM Bale Bahari, beberapa penerima bantuan melaporkan terjadi pertambahan nilai ekonomi rata-rata per bulan sebesar Rp 2,5 juta bagi penerima bantuan peralatan pengolahan dan Rp 1,4 juta bagi penerima chest freezer.

“Program kita betul-betul bisa dirasakan dan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” kata Dirjen PDSPKP, Artati Widiarti yang dikutip laman KKP, Kamis (11/2).

Artati menjelaskan, selama 2020, bantuan stimulus peralatan pengolahan dan chest freezer diberikan kepada 538 kelompok yang terdiri dari 281 penerima bantuan peralatan pengolahan dan 257 penerima bantuan chest freezer. Bantuan sudah disebar di 9 Provinsi yaitu di Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, dan NTB.

Rencananya, pada tahun 2021, PDSPKP akan menyerahkan bantuan 300 chest freezer dan 228 peralatan pengolahan kepada UPI berskala mikro kecil. Artati menilai mereka memegang peranan penting bagi Indonesia, baik secara ekonomi maupun ketahanan pangan.

Melalui bantuan ini, Artati berharap dapat mendorong UPI mikro kecil untuk tetap mampu memproduksi produk perikanan yang memenuhi jaminan mutu dan keamanan produk perikanan sehingga nantinya bisa mendapatkan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP), serta berdaya saing. Selain itu, adanya pemberian peralatan pengolahan dan chest freezer menjadi wujud kehadiran negara terhadap kelompok pengolah mikro kecil.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.