(Beritadaerah – Nasional) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro selama dua pekan yang di mulai pada Selasa (9/2/2021) hingga Senin (22/2/2021).

Menurut Menko Perekonomian, kebijakan ini berlaku seiring dengan penerbitan Instruksi Mendagri Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan. PPKM kembali diperpanjang hingga 22 Februari 2021, dengan perbedaan dalam PPKM perpanjangan kali ini, yakni ditambah dengan sebutan PPKM berbasis mikro.

PPKM mikro dilakukan dengan melihat data penambahan kasus baru di beberapa kota. Di Jakarta, trennya sudah mulai flat, sementara Jawa Barat masih mengalami peningkatan, demikian juga  dengan Bali. Sementara itu, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Yogyakarta mulai mengalami penurunan.

“Sehingga tentu perlu pendekatan lebih mikro sesuai arahan Presiden yakni sampai tingkat desa ataupun kelurahan,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (8/2/2021).

PPKM mikro bertujuan menekan kasus positif dan melandaikan kurva sebagai prasyarat keberhasilan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam level tersebut, Airlangga menambahkan, pengendalian akan ditekan di level terkecil yakni RT/RW atau desa dan kelurahan. Agar skenario pengendalian terkontrol baik, dibutuhkan pembentukan posko atau pos jaga di tingkat desa dan kelurahan yang melakukan empat fungsi. Mereka adalah pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung operasional penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Dalam pelaksanaan PPKM mikro, Airlangga menyebutkan, perkantoran harus menerapkan Working from Home (WFH) 50 persen dengan pemberlakuan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara online.

Untuk sektor esensial yang terkait kebutuhan utama masyarakat, industrinya dapat beroperasi 100 persen dengan pengaturan kapasitas dan operasionalisasi sesuai protokol kesehatan. Kemudian, kegiatan di pusat perbelanjaan atau mall dapat beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

Restoran sudah bisa membuka layanan dine in kapasitas maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan. Pesan antar/dibawa pulang tetap diperbolehkan.

Sektor konstruksi sudah boleh beroperasi 100 persen, sementara pelaksanaan kegiatan di tempat ibadah hanya boleh maksimal 50 persen dari kuota. Sedangkan, fasilitas umum ataupun kegiatan sosial budaya masih dihentikan sementara.

Untuk transportasi umum, Airlangga mengingatkan, pengaturan kapasitas dan jam operasional harus diberlakukan dengan protokol kesehatan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

2 Responses

  1. easternrayshisha.co.uk

    I am tһe supervisor oof Eastern Ray Shisha (easternrayshisha.ϲo.uk), а hіgh quality shisha
    hjre business. Wе are currеntly planning a gigantic wedding
    јust outside Ƭhe city of london and I am searching excellent Firework Display
    Hire fߋr Weddings, Parties & Corporate Evsnts Ι wаs speculating if anyybody at beritadaerah.со.id cаn help
    me. Does anyboԀy happen to possess some lopcal contacts?
    Τһe client is more than һappy to empooy personnel fro ɑnother country аѕ top quality is the overriding factor tⲟ consiԀer.
    Money іs not ɑn issue. Manyy tһanks in advance.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.