(Beritadaerah – Jakarta) Bea Cukai Makassar berikan fasilitas pembebasan bea masuk terhadap 11 unit kendaraan pemadam kebakaran dan 2 unit ambulance yang dihibahkan oleh pemerintah Jepang melalui Kementerian Dalam Negeri RI kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Serah terima hibah tersebut dilakukan pada Jumat (05/02) di Makassar.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171/PMK.04/2019 tentang Pemberian Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang oleh Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah yang ditujukan untuk Kepentingan Umum, Bea Cukai Makassar memberikan fasilitas pembebasan bea masuk dalam rangka impor serta melakukan pengawasan dan memberikan fasilitas pengecekan fisik yang dilakukan diluar kawasan pabean terhadap kendaraan hibah dari Jepang tersebut,” ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar, Satria Yudhatama, seperti dikutip dari situs DJBC.

Dalam acara serah terima tersebut, Presiden Direktur Toyota menyampaikan bahwa merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi Jepang mengetahui mobil hibah dari Jepang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pada kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah RI khususnya pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas kerja sama yang baik yang telah dibangun selama 15 tahun.

Proses serah terima bantuan hibah ditandai dengan penandatanganan naskah hibah oleh Indra Gunawas S.E, MPA selaku Sesditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Prof.D. Ir. H. M. Nurdin Abdullah M.Agr. Acara kemudian dilanjutkan dengan proses peninjauan kendaraan hibah. Melalui pemberian hibah ini, Gubernur berharap kerja sama dengan pemerintah Jepang dapat terus berjalan baik.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.