(Beritadaerah – Sumatera) Pemerintah terus mendorong peningkatan ekspor produk perikanan di tanah air. Beberapa komoditas ekspor ungulan perikanan di Indonesia seperti udang, ikan tuna, cumi-cumi, kepiting, rumput laut, dan ikan nila. Ada empat negara besar yang menjadi tujuan utama ekspor produk perikanan Indonesia, yakni Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, dan Malaysia.

Menurut data dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, untuk ekspor perikanan dari Kota Padang pada bulan Januari 2021 mencapai Rp 3,6 miliar, angka ini mengalami peningkatkan dibandingkan dengan Desember 2020. Kenaikan ekspor tersebut melonjak drastis, demikian yang dikatakan oleh Kepala Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Padang Rudi Barmara.

“Kenaikannya drastis dari ekspor di bulan Desember yang hanya Rp 174,7 juta,” kata Rudi yang dikutip laman KKP, Senin (8/2).

Dijelaskan oleh Rudi, bahwa nilai tersebut berasal dari ekspor 640 ekor ikan hidup dan 20.108,09 kilogram (kg) komoditi non hidup. Adapun dari sisi komoditas terdiri dari ikan hias laut sebanyak 640 ekor dengan senilai Rp 128 juta. Ikan ini dikirim ke Tokyo, Jepang dalam sekali pengiriman.

Selanjutnya, ikan tuna beku (frozen tuna) seberat 20.108,09 kg dikirim ke Miami, Amerika Serikat. Nilai sekali kirim komoditas ini mencapai nilai Rp 3,5 miliar. Produk perikanan di Provinsi Sumatera Barat telah melalui proses pengolahan yang baik, dan sehat. Sehingga produknya terjamin kualitas, serta aman dikonsumsi, dan memenuhi persyaratan negara tujuan ekspor.

Rudi menambahkan, jajaran SKIPM selalu melakukan pemeriksaan ke Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus Kota Padang guna memastikan kualitas ikan yang akan diolah untuk ekspor dan melakukan pengecekan kapal ikan yang melakukan bongkar muat di pelabuhan seminggu sekali.

Bahkan, jajaran SKIPM Padang tak hanya melakukan cek secara fisik kesegaran ikan hasil tangkapan tapi pihaknya juga mengambil sampel ikan untuk diperiksa ke laboratorium. SKIPM Padang terus berkomitmen menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan terutama yang keluar dan masuk Provinsi Sumatera Barat.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

Leave a Reply

Your email address will not be published.