(Beritadaerah – Jakarta) Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengharapkan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar dapat menjadi komunikator untuk menjembatani komunikasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Pemerintah Pusat.

Harapan itu disampaikannya dalam pertemuan membahas pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, di Kantor Gubernur Papua Barat, di Manokwari, Kamis (04/02/2021).

“Saya diminta menjadi komunikator, sehingga komunikasi Pemprov Papua Barat dan Pemerintah Pusat dapat produktif. Terutama dalam konteks percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua Barat,” ujar Billy usai pertemuan.

Billy menuturkan, pertemuan dengan Gubernur Mandacan antara lain untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan Rencana Aksi Inpres tersebut.

“Ini kali pertama saya berbicara soal Inpres itu dengan Bapak Gubernur, maka tadi saya diminta untuk menjadi komunikator,” ujarnya.

Dalam Inpres itu disebutkan Rencana Aksi difokuskan pada lima Kerangka Baru untuk Papua atau the new framework for Papua. Ringkasan lima Kerangka Baru itu yakni percepatan pembangunan sumber daya manusia, percepatan transformasi pembangunan ekonomi, percepatan pembangunan infrastruktur dasar, peningkatan dan pelestarian lingkungan hidup serta percepatan reformasi birokrasi.

Billy menambahkan, penyusunan Rencana Aksi merupakan tahapan penting dalam pelaksanaan Inpres tersebut. “Dari pertemuan tadi saya mendapat banyak informasi yang bisa saya komunikasikan dengan banyak pihak, termasuk dengan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) itu beberapa hal yang menjadi perhatian adalah mendorong Pergerakan Papua Muda Inspiratif untuk mengembangkan wirausaha muda; pembangunan pariwisata terintegrasi Provinsi Papua Barat; mendorong investasi hijau yang inklusif untuk orang asli Papua; membangun pendidikan orang asli Papua dengan konsep sekolah unggulan berpola asrama; dan memperkenalkan program petani milenial.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.