(Beritadaerah – Kalimantan) Program Food Estate yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuahkan hasil. Salah satu lokasi food estate yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni Provinsi Kalimantan Tengah, telah menunjukkan hasil panen yang memuaskan. Hal tersebut terlihat dari para petani padi di Kalimantan Tengah, khususnya yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, tengah bersiap melakukan panen. Rata-rata hasil panen petani akan mendapatkan 4-6 ton per Ha, demikian yang disampaikan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng Syamsuddin.

“Kami sudah melihat kondisi lahan dan pertanaman, dan siap dilakukan panen pada minggu pertama Februari sekitar 200-250 hektare,” kata Syamsuddin yang dikutip laman Pertanian, Senin (1/2).

Dijelaskan oleh Syamsuddin, beberapa petani telah melakukan panen dengan hasil cukup memuaskan. Sebagai contoh adalah lahan tanaman padi milik Taufik. Petani di Desa Belanti Siam ini mampu memperoleh hasil sekitar 6,4 ton per Ha. Padi varietas yang ditanam adalah Inpari 42 dan hasil panen meningkat daripada sebelumnya. Rencananya hasil panen ini akan digunakan sebagai benih. Taufik sendiri tergabung dalam kelompok tani Karya Makmur dengan total lahan yang digarap mencapai 100 Ha.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menyampaikan bahwa sejak awal dimulainya program Food Estate, Balitbangtan telah menerjunkan tim terbaiknya dalam melakukan pengkajian, memberikan rekomendasi dan melakukan pendampingan baik kepada pemerintah daerah setempat ataupun langsung kepada petani.

Ditambahkan oleh Fadjry, bahwa Food Estate adalah program super prioritas, disini kami juga telah membangun center of excellent yaitu model ideal food estate yang sesuai dengan kondisi petani serta peluang industri. Lokasi tersebut yang akan menjadi pusat percontohan bagi kawasan di sekitarnya. Penggunaan teknologi dan mengoptimalkan rawa menjadi lahan pertanian produktif telah memberikan peningkatan pada produksi pertanian.

BPTP sebagai kepanjangan tangan Balitbangtan di daerah, terus memberikan pendampingan kepada petani sehingga seluruh wilayah yang menjadi lokasi Food Estate dapat mencapai hasil yang maksimal.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.