Program Petani Milenial Akan Diluncurkan Pada Februari 2021

(Beritadaerah – Garut) Dalam upaya meningkatkan produksi pangan di Jawa Barat, beberapa program telah diimplementasikan seperti penerapan bibit unggul, inovasi teknologi, dan lainnya. Dalam kunjungan kerjanya ke Garut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan teknologi smart greenhouse dengan metode pertanian sistem infus untuk bantu meningkatkan produktivitas panen jagung.

Teknologi smart greenhouse ini bertujuan untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman didalamnya dapat berkembang optimal, serta metode sistem infusnya didesain khusus dengan program komputerisasi untuk mengatur pemberian pemupukan (nutrisi) pengairan secara otomatis.

Metode pertanian di masa depan sudah bisa meninggalkan sistem konvensional yang akan memakan waktu lama untuk memanen produk pangan, salah satu contohnya jagung, demikian yang dikatakan oleh Gubernur Ridwan Kamil.

“Oleh karena itu, kami meresmikan pertanian infus menggunakan teknologi. Maka di masa depan pertanian tidak lagi konvensional. Tapi menggunakan teknologi yang bisa menghemat air, sehingga petani bisa meningkatkan produknya selama 12 bulan,” kata Ridwan yang dikutip laman Jabarprov, Senin (1/2).

Ditambahkan oleh Ridwan, selain memaksimalkan beberapa lahan milik Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang amat subur untuk menanam komoditas pangan, Pemerintah Provinsi Jabar akan menyiapkan program Petani Milenial.

Menurut Gubernur Jabar, program Petani Milenial akan diluncurkan pada Februari 2021. Nantinya, Petani Milenial dapat memanfaatkan lahan milik Pemda Provinsi Jabar untuk menanam komoditas pangan. Nantinya para Petani Milenial akan diberikan modal oleh Bank BJB, dibeli dan dibimbing produknya oleh PT. Agro Jabar yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar. Selain itu akses jual dari produk pertanian tersebut melalui teknologi digital.

Terakhir, Gubernur Ridwan bertekad menjadikan sektor pertanian pangan menjadi sumber pendapatan utama ekonomi masyarakat di Jawa Barat. Program ini nantinya akan merekrut 5.000 Petani milenial di Jawa Barat dan menyiapkan total lahan seluas 1.000 hektare untuk disulap jadi lahan pertanian. Program Petani Milenial yang akan diluncurkan Pemprov Jabar mendapatkan respon yang positif dari masyarakat.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu