(Beritadaerah – Jepara) Pandemi tidak menyurutkan kreativitas Pemerintah Desa Welahan, Kecamatan Welahan dan warganya untuk mengembangkan kegiatan ekonomi rakyat. Yakni dengan memanfaatkan aliran Sungai Boom sebagai destinasi wisata.

Apresiasi disampaikan Bupati Jepara Dian Kristiandi atas inovasi Pemdes Welahan bersama warga setempat. Di mana, mereka dapat memulihkan ekologi aliran Sungai Boom, sekaligus menjadikannya penyangga perekonomian.

“Di era pandemi ini, Welahan saya acungi jempol. Untuk mempertahankan ekonomi kerakyatannya,” tutur Andi, sapaan akrabnya usai menebar benih ikan di sungai tersebut, Senin (1/2).

Disampaikan, kali yang dulunya kotor dan dipenuhi eceng gondok, kini punya nilai tambah serta nilai ekonomi bagi masyarakat. Terlebih, dengan ratusan ribu benih ikan yang telah ditebar di situ. Di samping jadi destinasi wisata, juga mendukung upaya pembangunan berkelanjutan dan ketahanan pangan.

“Rencananya tiga bulan sekali akan dilakukan pemanenan ikan secara berjenjang. Sehingga, nanti pada saat panen itu setiap bulan terus akan bergulir,” kata dia.

Bupati berharap, inovasi yang dilakukan Desa Welahan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi desa-desa lain. Yakni, kreativitas yang dapat memunculkan inovasi dengan memanfaatkan sumber daya alam di wilayah masing-masing. Sehingga, dapat memicu peluang usaha baru untuk pemulihan dan membangunan ketahanan ekonomi.

“Tentunya tetap ketat dalam menerapkan protokol kesehatan,” imbuh Andi.

Petinggi Welahan Achmad Jerjes mengatakan, gerakan peduli sungai telah dimulai sejak 2017. Oleh para pemuda, sungai itu dimanfaatkan menjadi sarana edukasi dan rekreasi. Warga pun dilibatkan untuk menjaga ekosistem di Sungai Boom.

“Masyarakat juga nyaman dengan kondisi sungai yang bersih. Pengunjung juga senang,” katanya.

Di lokasi itu, lanjutnya, pengunjung bisa menyusuri aliran sungai menggunakan perahu bebek. Spot foto juga disediakan di atas jembatan, dengan latar belakang lampu warna-warni bertuliskan “X-Boom Welahan”.

Agustinus Purba/Journalist/BD
Editor : Agustinus

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.