(Berita Daerah-Nasional)Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya saat menghadiri Rapat Paripurna XXV DPRD Prov Sumsel dengan agenda pendapat Gubernur Sumsel terhadap penjelasan Badan Pembentukan Perda Prov Sumsel atas 2 (dua) Raperda inisiatif DPRD Prov Sumsel yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Sumsel H. Muchendi M. SE di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov Sumsel, Senin, 25/01/2021)

“Diajukannya 2 Raperda ini merupakan manifestasi kerja keras kesungguhan DPRD dalam melaksanakan fungsi legislatif untuk mendukung pembangunan di Sumsel,” ujarnya.

Menurutnya pembentukan Raperda dapat menjadi landasan Pemda dalam melaksanakan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Raperda pertama yaitu tentang Ponpes. Ponpes telah eksis dalam penyelenggaraan pendidikan tingkat dasar dan menengah dengan menanamkan keimanan serta ketakwaan bagi seluruh santri sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

“Tentang pesantren Pemda dapat memberikan dukungan pelaksanaan berupa uang sarana prasarana, bantuan teknologi dan keterampilan. Untuk menjaga keberlangsungan operasional pendidikan Ponpes. Kami menyambut baik ini sebagai wujud kepedulian DPRD selama meningkatkan kemajuan Ponpes agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Ia meminta agar muatan materi Raperda juga dikaji dan disesuaikan dengan kewenangan pemda dalam mendukung penyelenggaraan Ponpes agar tidak bertentangan dengan Perundang-undangan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan tujuan substansi Raperda yang lebih jelas dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga mampu menjadi payung hukum pelaksanaan dilapangan.

Lanjutnya, MY juga tuturkan dukungan Pemprov Sumsel terkait Raperda arsitektur bangunan gedung berciri khas Sumsel. Sebagai salah satu cara melestarikan keberagaman budaya ciri khas Sumsel.

Bangunan ciri khas Sumsel sebagai identitas ciri khas daerah yang dapat diwariskan ke generasi penerus disamping digunakan untuk berbagai aktivitas penghuni. Sumsel dengan beragam budaya ciri khasnya, keberadaannya perlu dilestarikan untuk mmperkokoh jati diri bangsa.

“Maka melalui Perda ini diharapkan semua pihak mempunyai landasan hukum dalam penyelenggaraan bangunan gedung dan masyarakat Sumsel yang dapat membangun sesuai persyaratan administrasi dan teknis,” ujarnya.

MY ungkapkan apresiasi kepada DPRD Prov Sumsel telah mengusulkan Raperda ini. Selanjutnya, Ia berharap agar Raperda dapat dibahas mendalam mengenai subtansi materimya agar diterima masyarakt dari semua kalangan. Dan memberi manfaat penyelenggaraan pemerintah di Sumsel.

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

About The Author

Editor in Chief Beritadaerah

Related Posts

8 Responses

  1. Lesley Wyatt

    Useful info. Lucky me I found your site unintentionally, and I’m stunned why this coincidence did not took
    place earlier! I bookmarked it.

    Reply
  2. cheap flights

    If you are going for most excellent contents like I do, only go to
    see this website all the time since it provides quality contents, thanks

    Reply
  3. cheap flights

    Hi there to every body, it’s my first pay a quick visit of this website; this blog carries
    awesome and truly fine material designed for readers.

    Reply
  4. tinyurl.com

    I got this website from my buddy who told me about this web page and now this time
    I am browsing this web page and reading very informative content at this place.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.