(Beritadaerah – Kalimantan) Akibat curah hujan tinggi yang terjadi dalam sepekan di Kalimantan telah membuat sejumlah infrastruktur mengalami gangguan. Seperti di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), PLN berhasil memulihkan kembali sistem kelistrikan wilayah Kalbar yang terdampak banjir.

Sebelumnya, terdapat 53 Gardu Distribusi yang terdampak banjir di Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sambas, Kalbar. Hal ini disampaikan oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar), Ari Dartomo.

“Berkat kerja keras para personel PLN, kita berhasil memulihkan Kembali 100% sistem kelistrikan 4 (empat) kabupaten di Kalbar yang terdampak banjir sejak Kamis lalu,” kata Ari yang dikutip laman BUMN, Kamis (21/1).

Dijelaskan oleh Ari, sebelumnya terdapat 53 gardu distribusi yang terdampak banjir. Dengan kerja keras 65 personel di lapangan, kini keseluruhan gardu tersebut telah beroperasi kembali dan sebanyak 7.477 pelanggan telah dapat menikmati listrik kembali.

Dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan terus memantau kondisi pada 4 kabupaten tersebut guna mengantisipasi kemungkinan naiknya kembali debit air.

Ari juga menambahkan, bahwa PLN perlu memastikan bahwa air tidak lagi merendam ke rumah masyarakat yang berpotensi membahayakan, oleh karena itu kami tetap meminta warga tetap waspada dan memastikan instalasi di rumah maupun peralatan elektronik betul-betul kering dan bersih sebelum digunakan demi menjaga keselamatan dan keamanan bersama.

Curah hujan yang tinggi dalam sepekan di Pulau Kalimantan telah mengakibatkan meluapnya sungai-sungai dan terjadinya banjir. Selain Kalimantan Barat yang terdampak akibat curah hujan tinggi, Provinsi Kalimantan Selatan juga mengalami musibah banjir, sejumlah kabupaten mengalami bencana akibat meluapnya air sungai.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.