(Beritadaerah – Sulawesi) Kabupaten Kepulauan Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan memiliki sejumlah destinasi wisata bahari yang populer serta diminati oleh wisatawan nusantara. Kabupaten ini memiliki kurang lebih 132 (seratus tiga puluh dua) pulau yang terdiri dari, 96 (sembilan puluh enam) pulau tak berpenghuni, dan 34 (tiga puluh empat) pulau berpenghuni.

Lokasi dari Kabupaten Kepulauan Selayar letaknya di ujung selatan dari pulau Sulawesi dan ibu kota kabupaten tersebut adalah Kota Benteng. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar juga diposisikan sebagai kawasan strategis pengembangan sektor pariwisata bahari dan perikanan laut.

Untuk menikmati keindahan dari Kabupaten Kepulauan Selayar dapat dijangkau dengan sarana transportasi darat lalu kemudian menyebrang dari pelabuhan Ferry di Bira, Kabupaten Bulukumba ke Pelabuhan Penyebrangan Pamatata di desa Pamatata, Kecamatan Bontomatene. Dari Pelabuhan Pamatata ke Kota Benteng, dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam.

Garis pantai yang membentang memanjang dari arah sebelah utara Pelabuhan Ferry Pamatata, Kecamatan Bontomatene, sampai ke daerah pesisir Pulau Kalao toa, Kecamatan Pasilambena, menjadikan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai salah satu wilayah gugusan kepulauan yang patut diperhitungkan sebagai basis pengembangan destinasi pariwisata masa depan Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Hal tersebut didasarkan pada serapan potensi serta sumber daya alam berupa pantai berpasir putih yang mengelilingi dan mengapit kurang lebih sepertiga wilayah kota berjuluk Bumi Tanadoang tersebut. Salah satunya, terselip di pesisir Pantai Pinang yang berjarak kurang lebih satu jam dua puluh menit ke arah timur Kecamatan Bontosikuyu.

Perjalanan menuju ke arah pantai Pinang diawali dari ibu kota Benteng menuju Pelabuhan Pattumbukang, Desa Lowa dan dilanjutkan perjalanan laut dengan menumpangi perahu jolloro (perahu tradisional khas Sulawesi Selatan), selama kurang lebih dua puluh menit.

Pantai pasir putih lain dapat disaksikan di sepanjang kawasan pesisir sebelah barat, Kecamatan Bontosikuyu mulai dari pantai Baloiya, sampai dengan Desa Appatanah. di sepanjang jalan menuju Desa Appatanah, mata pengunjung akan dimanjakan oleh panorama pantai tebing dan batu karts hitam.

Selain pantai Pinang, salah satu destinasi wisata yang favorit bagi wisatawan yakni Pulau Bahuluang. Wisatawan yang berkunjung akan menikmati sunset di Pantai Sunari dan juga keindahan gua lipang yang berada di sebelah barat Pulau Bahuluang.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu
Foto: Fadly

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.