(Beritadaerah – Jawa Barat) Provinsi Jawa Barat memiliki sejumlah objek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bagi pencinta alam, desa-desa di Jawa Barat (Jabar) menyimpan keindahan alami yang dapat memanjakan mata. Selain itu Jabar juga memiliki ragam kekayaan budaya, sehingga desa-desa di Jabar dapat menjadi destinasi pilihan wisatawan.

Salah satunya adalah Desa Sirnagalih, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, yang memiliki Curug Candung. Udara sejuk dengan deretan pohon pinus yang memesona menjadi nilai plus Curug Candung. Lokasi ini telah menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal untuk melihat keindahaan Curug Candung. Kawasan ini berada di hutan perbatasan dua kabupaten wilayah Jawa Barat yakni Garut dan Tasikmalaya.

Dalam kunjungannya ke kawasan hutan konservasi Garut dan Tasikmalaya pada hari Sabtu (9/1), Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang biasa disapa Kang Uu menyampaikan bahwa potensi wisata Curug Candung yang berlokasi di Tasikmalaya ini dapat digali dan dikembangkan. Sehingga ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dapat ditekan.

“Ekonomi kemasyarakatan adalah sebuah perekonomian yang tangguh, sekalipun diterjang oleh badai politik, sekalipun diterjang oleh multikrisis, ekonomi kerakyatan harusnya menjadi ekonomi yang tangguh,” kata Kang Uu dikutip laman Jabarprov, Minggu (10/1).

Kang Uu mengatakan, Pemerintah Provinsi Jabar saat ini intens mengembangkan destinasi wisata di perdesaan. Hal itu dilakukan untuk membuka lapangan kerja di perdesaan sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

Ditambahkan oleh Kang Uu, bahwa kolaborasi harus tetap dijunjung tinggi dalam pengembangan wisata di desa dengan keterlibatan masyarakat sekitar destinasi wisata dalam semua kegiatan pariwisata. Dan jika desa-desa di Jabar dapat mengembangkan potensi pariwisata, optimistis ketimpangan ekonomi masyarakat perkotaan dan perdesaan dapat dipangkas dengan cepat.

Untuk menuju ke Curug Candung, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun berjalan kaki, bersepeda hingga menggunakan tunggangan kendaraan bak terbuka milik warga. Di sekitar kawasan Curug Candung juga dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung seperti toilet, mushala hingga kantin yang menjadi tempat beristarahat bagi pengunjung.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.