(Beritadaerah – Nasional) Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia. Indonesia ada diposisi keempat sebagai negara berpenduduk terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.

Menurut geografisnya, dari lima pulau besar yang ada di Indonesia, Pulau Jawa merupakan wilayah yang paling padat penduduk. Padahal, Pulau Jawa memiliki luas paling kecil dibanding pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Dari data Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2015, tercatat ada 7 kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Yang pertama adalah Jakarta Timur di Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah penduduknya mencapai 2.852.887 jiwa. Di urutan kedua yakni Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk 2.805.906 jiwa.

Kota Medan di Provinsi Sumatera Utara menduduki peringkat ketiga dengan jumlah penduduk 2.465.469 jiwa, dan Kota Bekasi di Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat keempat dengan jumlah penduduk 2.381.053 jiwa. Diperingkat kelima yakni Kota Bandung di Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk 2.339.463 jiwa. Peringkat keenam adalah Jakarta Barat dengan jumlah penduduk 2.234.397 jiwa dan peringkat ketujuh adalah Jakarta Selatan dengan jumlah penduduk 2.113.411 jiwa.

Selanjutnya setelah Jakarta Selatan, ada beberapa kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia seperti Kota Makassar di Sulawesi Selatan dengan jumlah penduduk 1.651.146 jiwa, Jakarta Utara di Provinsi DKI Jakarta dengan jumlah penduduk 1.647.853 jiwa, Kota Depok di Provinsi Jawa Barat dengan jumlah penduduk 1.631.951 jiwa.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.