(Beritadaerah – Nasional) Sekalipun di tengah pandemi, anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, yakni PT Semen Padang telah berhasil melakukan ekspor sebanyak 1,5 juta metric ton (MT) semen dan klinker ke berbagai negara tujuan selama tahun 2020. Semen dan klinker sebanyak 1,5 juta MT lebih itu diekspor ke Bangladesh, China, Malaysia, Myanmar, Philipina, Australia, Maldives dan Sri Lanka, hal ini disampaikan oleh Senior Manager of Export Sales Semen Indonesia Group Fifit Abriyanto.

“Kalau semen yang kita ekspor itu ada dua tipe yaitu tipe OPC Type I Grade 52,5N dan OPC Type I Grade 42,5N,” kata Fitit dalam siaran persnya pada Rabu (6/1).

Sementara itu SVP of Sales PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Rahman Kurniawan juga mengatakan, ekspor klinker paling dominan yakni ke Bangladesh, kemudian Myanmar, China, Malaysia dan Philipina. Kemudian untuk ekspor semen, dominan ke Australia, Maldives dan Sri Lanka. Total semen yang diekspor selama 2020 sebanyak 200 ribuan MT dan klinker 1,35 juta MT.

Sementara berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat nilai ekspor dari provinsi itu pada Januari hingga November 2020 mencapai US$ 1,3 juta dolar. Dari ekspor semen dan klinker mencapai US$ 37,6 ribu dan semen putih US$ 7,8 ribu. Sedangkan dari komoditas yang paling banyak diekspor yaitu lemak, minyak hewan dan nabati sebesar US$ 1,020 juta serta karet dan barang dari karet US$ 150,4 ribu.

Pencapaian tersebut memberikan bukti komitmen dari PT Semen Padang untuk terus meningkatkan kinerja dalam kondisi apapun. Ditambahkan oleh Rahman pada tahun 2021 ini, PT Semen Padang akan terus meningkatkan ekspor semen dan klinker dengan memperluas pangsa pasar dunia.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.