(Berita Daerah-Nasional)Pandemi Covid-19 yang juga terjadi di Jawa Timur sejak Maret 2020 berdampak pada seluruh sektor, seperti sosial dan ekonomi. Di penghujung 2020, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menyatakan komitmennya untuk dapat menjadikan Jatim Bangkit di 2021. Hal itu disampaikan Khofifah saat sambutan dalam kegiatan doa bersama menyambut tahun baru di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

“Di akhir tahun 2020 ini, kita menyambut pergantian tahun dengan munajat serta bersholawat. Semoga di 2021 Jatim bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Semoga Indonesia, khususnya Jatim bisa segera terbebas dari pandemi,” jelasnya saat menyampaikan sambutan.
Khofifah mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, seluruh kerja keras yang telah dilakukan, harus berseiring dengan format spiritualitas, serta membangun kebersamaan. “Tentu semua sangat terbatas, karena jamaah beliau mengikutinya secara virtual, ASN juga mengkuti secara virtual, Kepala Kepala OPD yang rawuh (hadir),” ungkapnya.
Dengan doa bersama ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat Jawa Timur untuk bangkit. Dari yang sempat mengalami pelemasan, kurang semangat, sampai dengan frustasi karena satu dan lain hal.
“Dampak dari pandemi Covid ini sangat banyak. Maka kita ingin memulai tahun baru 2021, ada semangat baru, maka Insya Allah akan ada Harapan Baru, nah Ayo Bangkit bersama-sama membangkitkan sektor ekonomi, mulai dari koperasi, UMKM, hingga industri infrastruktur. Kemudian berseiring dengan kebangkitan sektor pertanian, perkebunan, pendidikan, hingga sektor solidaritas sosial,” ajaknya.
Doa bersama itu juga turut dihadiri Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Pangkoarmada II, Laksda TNI I.N.G Sudihartawan, serta sejumlah Kepala OPD, dan diiringi hadrah Majelis Riyadul Jannah dari Kota Batu. Selain itu, dilakukan pula paparan secara virtual evaluasi 2020 dan program 2021 dari lima bupati dan wali kota di Jatim.
Kelimanya, yakni Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Bupati Pamekasan diwakili Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan, Bupati Pacitan Indartarto, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Mereka pun menyatakan dukungannya untuk Gubernur Khofifah untuk dapat menjadikan Jatim Bangkit dari pandemi Covid-19 di 2021

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

About The Author

Editor in Chief Beritadaerah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.