(Beritadaerah – Garut) Dalam kunjungan kerja Bupati Garut Rudy Gunawan bersama jajarannya ke Desa Wisata Sindangkasih yang berlokasi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada hari Rabu ( 30/12), menyampaikan agar pengelola desa wisata ini harus bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung, terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Kita bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, jadi kita (akan) lakukan rekonstruksi, yang bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung, tapi sekarang itu harus jaga jarak, dan lain sebagainya,” kata Rudy yang dikutip laman Jabarprov, Kamis (31/12).

Rudy tambahkan bahwa selain kenyamanan, keamanan juga harus jadi perhatian tim pengelola. Tempat ini juga harus memiliki safetynya, pengamanannya, supaya nanti tidak ngagulidag (mengalir) seperti ini, kalo ngagulidag seperti ini coklat warnanya, artinya ada sesuatu yang salah di hulu.

Rudy juga berjanji kepada Kepala Desa bahwa pihaknya akan menyiapkan minimal dana 200 juta untuk pengembangan Desa Wisata Sindangkasih ini. Dana bantuan tersebut akan diberikan pada tahun depan.

Kabupaten Garut memang mempunyai destinasi wisata yang cukup banyak, khususnya atraksinya, bila dulu Menteri Pariwisata itu setahun bisa 2 atau 3 kali datang ke Garut. Garut dari sisi pariwisata adalah atraksinya paling banyak, termasuk melawan Kabupaten Banyuwangi pun Kabupaten Garut, adalah atraksinya sangat banyak, ungkap Rudy.

Kabupaten Garut yang identik dengan jajanan khasnya yakni dodol memang memiliki tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, atraksi dan budaya. Berikut ini beberapa destinasi wisata dengan lokasinya yang dapat menjadi pilihan wisatawan bila berkunjung ke Kabupaten Garut: 1. Bukit Palahlar terletak di Jalan St. K.A. Bumi Waluya, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong; 2. Bukit Nangklak yang berada di Sirnajaya, Cisurupan; 3. Pantai Cijeruk yang berlokasi di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong; 4. Kebun Mawar Situhapa yang berlokasi di Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya; 5. Kolam Air Panas Cikarees yang berada di Kampung Tegal Nyanda, Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.