(Beritadaerah – Nasional) Kasus positif yang masih tinggi sampai hari ini membuat pemerintah melakukan langkah antisipasi dengan mengeluarkan regulasi terbaru. Regulasi tersebut tertuang melalui Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Kedua SE tersebut mengatur protokol kesehatan khusus pada masa libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bagi bara pelaku perjalanan di dalam maupun dari luar negeri.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sangat mendukung penuh upaya pemerintah dalam mengurangi angka penyebaran Covid-19. Prosedur penerapan protokol kesehatan diterapkan sangat ketat selama massa pandemi oleh KAI bagi pelanggan di area stasiun maupun selama dalam perjalanan kereta api. Komitmen KAI adalah berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang ingin bepergian selama libur Nataru. Sehingga kereta api dapat menjadi moda transportasi yang aman, sehat, dan nyaman dalam mengantarkan pelanggan sampai ke tempat tujuan.

Fasilitas layanan rapid test antigen disediakan oleh KPPI di 15 stasiun yang tersebar di Pulau Jawa. Hal tersebut merupakan bentuk dukungan KAI kepada Pemerintah dalam pengendalian penyebaran Covid-19, untuk pelanggan yang melakukan perjalanan dengan kereta api jarak jauh pada 22 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 di Pulau Jawa, diharuskan menunjukkan hasil rapid test antigen atau PCR/swab negatif sebagai syarat untuk naik kereta api.

Apabila perjalanan kereta api jarak jauh di Pulau Sumatera, pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antibodi non reaktif atau Tes PCR/swab negatif Covid-19. Untuk pelanggan kereta api jarak jauh dengan usia di bawah 12 Tahun tidak wajib mengikuti syarat tersebut.

Saat ini KAI bekerjasama dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup untuk menyediakan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen yang tersebar di 15 stasiun antara lain: Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Pelanggan cukup membayar Rp105.000,- untuk mendapatkan layanan ini dengan menunjukan kode booking tiket KA jarak jauh. KAI mengimbau agar calon pelanggan KA melakukan tes H-1 sebelum keberangkatan untuk menghindari antrean. KAI sediakan alternatif ini untuk memudahkan para penumpang kereta api. Tentunya mereka tetap bisa juga menggunakan hasil Rapid Tes Antigen dari rumah sakit atau klinik yang terpercaya lainnya.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.