(Beritadaerah – Garut) Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong setiap daerah dapat mendukung swasembada sapi. Jabar memiliki daerah yang potensi untuk pengembangan peternakan sapi, hal tersebut sebagai upaya Pemerintah  Provinsi Jabar dalam memenuhi kebutuhan akan sapi potong dan hasil olahannya yang meningkat setiap tahunnya.

Salah satu daerah di Jabar yang mengembangkan peternakan sapi secara modern yakni Kabupaten Garut. Saat mengunjungi peternakan sapi perah milik PT. Raffles Pacific Harvest yang berlokasi di Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (22/12), Bupati Garut Rudy Gunawan, mengatakan sapi perah yang ada di peternakan PT. Raffles Pacific Harvest, merupakan sapi keturunan dari Australia.

Dalam kegiatan ini, Bupati Garut didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Garut, Sofyan Yani, dan diterima langsung oleh Direktur PT. Raffless Pacific Harvest, drh. Steven Hans Haryono.

“Ini adalah pusat sapi perah yang ada di Rancabango, Garut milik dari PT. Raffless. Sapi-sapi yang dilahirkan di Kabupaten Garut, hasil dari pada sapi Australia, ini hasilnya sudah ada 500 (ekor sapi). Dan ini adalah sapi buatan atau HPT (Hijaun Pakan Ternak) Garut,” ujar Rudy yang dikutip laman Jabarprov, Selasa (22/12).

Dijelaskan Rudi bahwa sapi-sapi di PT. Raffless, Rancabango rata-rata menghasilkan 30 liter susu per ekornya. Ada juga yang menghasilkan 45 liter per ekor dan juga dibawah 20 liter per ekor. Kedepan dapat ditingkatkan produktivitas susunya, sehingga kita dapat stop impor susu.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy mengajak masyarakat khususnya pengusaha untuk mengembangkan usaha. Sehingga usaha ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Garut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah populasi sapi perah pada tahun 2020 di Jawa Barat sekitar 120,65 ribu ekor dan menempati urutan ketiga terbanyak secara nasional setelah Jawa Timur sebanyak 298,52 ribu ekor dan Jawa Tengah sebanyak 150,03 ribu ekor.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.