(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Waduk Jatiluhur merupakan sebuah bendungan terbesar di Indonesia dengan luas mencapai sekitar 8.300 hektar dan memiliki panorama yang sangat indah. Awalnya waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat ini berfungsi sebagai PLTA (pembangkit listrik tenaga air). Namun kini air dari Waduk Jatiluhur mulai dimanfaatkan untuk banyak hal, dan diantaranya menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

(Photo: Herwin/BD)

Pemandangan di Waduk Jatiluhur ini sangat mempesona, dengan perpaduan antara birunya langit dengan rimbunnya pepohonan disertai dengan pantulan sinar matahari maka membuat permukaan waduk tampak memukau. Keindahannya juga dilengkapi dengan Gunung Parang dan Gunung Tiga Menara yang berdiri dengan gagahnya di sekitar waduk. Anda dapat menikmati semua keindahan tersebut sambil duduk duduk di tepi waduk.

(Photo: Herwin/BD)

Di sekitar waduk ada banyak perahu nelayan yang bersandar dan biasanya mereka melayani jasa untuk mengantar para wisatawan berkeliling bendungan. Dari atas perahu kita bisa menikmati keindahan waduk yang dikelilingi pepohonan, areal persawahan serta pegunungan. Jika masih belum puas, maka disediakan juga jetsky yang bisa disewa untuk berkeliling waduk. Bahkan ada juga kano, yaitu sebuah perahu kecil yang hanya muat satu orang dan dijalankan dengan cara didayung. Selain itu ada juga kapal pesiar yang dapat disewa minimal 30 orang untuk satu putaran mengelilingi waduk.

(Photo: Herwin/BD)

Hal menarik lainnya dari Waduk Jatiluhur adalah tersedianya budidaya ikan keramba jaring apung yang sekaligus menjadi sumber penghasilan masyarakat sekitar. Budidaya ikan tersebut kini telah dikembangkan menjadi tempat memancing di Waduk Jatiluhur yang sangat menarik minat pengunjung. Pengunjung bisa memancing di tengah heningnya suasana sekitar sambil menyaksikan matahari yang mulai terbenam dan ditemani dengan lezatnya menikmati ikan bakar.

Waduk Jatiluhur Purwakarta sangat cocok menjadi pilihan untuk berwisata di akhir pekan atau pada hari libur. Pemandangannya yang penuh pesona menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika anda ke Purwakarta, jangan lupa berkunjung ke Waduk Jatiluhur.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.