(Beritadaerah – Nasional) Apresiasi diberikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate atas kerja keras dan kolaboratif seluruh mitra kerja dalam melakukan akselerasi transformasi digital. Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan akselerasi transformasi digital, melalui peningkatan infrastruktur digital, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

“Atas nama pemerintah, Bapak Wakil Presiden dan seluruh masyarakat, tentunya saya juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh instansi pemerintah dan koperasi unit unit bisnis yang mendapatkan penghargaan di 2020 kali ini. Saya juga menyampaikan penghargaan kepada penyelenggara yang didukung beberapa lembaga dan asosiasi yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Semoga kerja keras dan kerja kolaboratif yang kita lakukan sekarang dapat secara nyata mempercepat perwujudan masyarakat digital indonesia yang maju adil, beradab dan bermartabat,” Menteri Johnny sampaikan keynote speech ketika mewakili Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam Top Digital Awards 2020 secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Dalam upaya optimalisasi teknologi digital membutuhkan kolaborasi dari berbagai lembaga pemerintah dan korporasi yang ada di Indonesia. “Untuk mempertahankan kemajuan bangsa kita tentunya membutuhkan kolaborasi dari instansi lembaga-lembaga negara lembaga-lembaga pemerintahan dan korporasi yang kompeten di bidangnya masing-masing. Beberapa instansi tersebut telah menyatakan kontribusi secara konkret untuk pembangunan sektor teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia,” dia tegaskan.

Penyelenggaraan Top Digital Awards 2020 dengan tema Top Digital Innovation & Implementation in New Normal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air. Penghargaan itu sendiri menjadi tanda kesiapan dalam memasuki era industri keempat atau Industri 4.0.

“Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus mendorong pengembangan ekonomi digital yang tahun 2021 diperkiraan mencapai Rp 337 Triliun atau naik 33% dari tahun 2020 yang berdasarkan riset Bank Indonesia (BI) selama 2020 nilai ekonomi digital mencapai Rp 253 triliun,” demikian dia jelaskan.

Dalam TOP DIGITAL Awards 2020 ini Menteri Kominfo memperoleh penghargaan sebagai TOP Leader on Digital Implementation 2020. Sedangkan Kementerian Kominfo merebut dua penghargaan yaitu, TOP DIGITAL Implementation 2020 on Ministry # Level Stars 4 dan TOP DIGITAL Transformation Readiness 2020.

Para pejabat dari kementerian dan lembaga negara, gubernur, wali kota, bupati, direksi BUMN, CEO, dan information technology (IT) manager dari berbagai perusahaan juga turut hadir dalam Gelaran Top Digital Award.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.