(Beritadaerah – Nasional) Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sampaikan bahwa Pemerintah akan meningkatkan jaringan layanan internet sampai ke desa untuk mendukung Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

“Kominfo ikut mendukung pencapaian target pemerintah dalam Gernas BBI. Kami akan meningkatkan jaringan layanan internet di desa-desa,” Menteri Johnny sampaikan ketika mengikuti Rapat Koordinasi Gernas BBI Tahun 2021 secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, pada hari Senin (21/12/2020).

Menteri Kominfo juga menyampaikan akan membangun membangun 4.200 Base Transceiver Station (BTS) pada tahun 2021 supaya program pemerintah itu mampu dijangkau oleh setiap pelaku UMKM/KIM onboarding.“Tahun 2021 akan membangun 4200 BTS di setiap desa. Untuk sekarang setiap puskesmas di tiap desa sudah ada dan ini hal yang baik,” demikian dia jelaskan.

Sebelumnya Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sampaikan bahwa pada tahun 2020, Program Gernas BBI telah dua kali melampaui target yang telah ditentukan. Itu sebabnya Gernas BBI akan berlanjut tahun 2021 dengan melibatkan pemerintah daerah.

Pencapaian pada tahun 2020 yang melebihi target 2 juta UMKM onboarding itu merupakan kebanggaan bagi Menteri Luhut. Menurut menteri Luhut program itu perlu dilanjutkan lagi pada tahun 2021. “Angka itu menunjukkan adanya kenaikan 2 (dua) kali lipat atau 70 persen lebih tinggi dari target yang sudah kita rumuskan di 14 Mei 2020. Untuk target selanjutnya, Pemerintah Indonesia berusaha untuk meningkatkan permintaan terhadap produk UMKM/KIM dan meningkatkan peran aktif dari pemerintah daerah,” dia sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.