(Beritadaerah – Nasional) Presiden Joko Widodo hari ini (Selasa, 22/12/2020) mengumumkan nama para calon Menteri yang akan menduduki Kabinet Indonesia Maju.

Keenam nama tersebut adalah:

Yang pertama, Tri Rismaharini, yang saat ini menjabat Wali Kota Surabaya, akan diberikan  tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial.

Kemudian yang kedua, Sandiaga Salahuddin Uno, dulu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ketua HIPMI, dan saat ini diberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemudian yang ketiga, Budi Gunadi Sadikin. Sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama PT Asahan Aluminium, dan terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN. Sekarang diberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan.

Yang keempat, adalah Yaqut Cholil Qoumas, seorang tokoh muslim, Ketua PP GP Ansor, dipercayakan untuk menjadi Menteri Agama.

Yang kelima, Sakti Wahyu Trenggono. Saat ini memegang jabatan di Wakil Menteri Pertahanan, akan diberikan tanggung jawab untuk mejadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Yang terakhir, Muhammad Lutfi. Sebelumnya pernah menjabat Kepala BKPM, kemudian Menteri Perdagangan, kemudian Duta Besar Indonesia untuk Jepang, dan terakhir Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat. Sekarang diberikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan.

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan pada sore hari ini. Dan pelantikan akan dilaksanakan insyaallah besok pagi. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan, terima kasih”, pungkas Presiden Jokowi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: BPMI

 

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.