(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Udara siang Manado berhembus lemah gemulai membelah langit dan menyentuh lautan biru tenang nan tentram. Nun jauh disana, Sang Manado Tua terlihat menjulang biru, tenang dan sepi.

Manado Tua adalah salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken, Manado Tua juga sebutan untuk gunung setinggi 655 meter di atas permukaan laut, di pulau tersebut. Lokasinya terletak di sebelah Barat pulau Bunaken, dan kini sudah memiliki jalur pendakian ke gunung tersebut.

Gunung Manado Tua tampak dari pantai di Kota Manado (Foto: Charles/ Kontributor Beritadaerah)

Gunung Manado Tua puncaknya tidak berapi, namun di laut sekitarnya terdapat gunung berapi yang kerap kali mengeluarkan gelembung gelembung udara.

Dimasa lalu, sekitar abad ke-16 dan 17, Manado Tua adalah saksi bisu dimana para pedagang dari Spanyol datang dari Kepulauan Filipina untuk barter barang-barang dagangan mereka dengan rempah-rempah Sulawesi Utara yang sangat dibutuhkan bangsa Eropa.

Gunung Manado Tua di senja hari sangat menarik untuk dipandang (Foto: Charles/ Kontributor Beritadaerah)

Manado Tua dimasa lalu adalah daerah kekuasaan Kerajaan Bowontehu dimana lokasi kediaman penduduknya terisolasi dengan hutan dan perbukitan untuk menghindari serangan musuh seperti perompak laut yang datang dari Mindano, Philipina.

Kini Manado Tua tetap berdiri kokoh, indah, dan legendaris terlihat jelas dari berbagai sisi dari pantai Manado.

Simon Wagner/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

16 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.