(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Gunung Mahawu terletak di timur gunung berapi Gunung Lokon-Gunung Empung di Sulawesi Utara. Untuk mencapai tempat wisata ini dari Bandara Sam Ratulangi Manado diperlukan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Berjarak kurang lebih 42,2 kilometer dengan melalui Jl. Raya Manado – Tomohon. Ketika memasuki kota Tomohon, jalan yang ditempuh memang sedikit berliku, sehingga harus dipastikan kendaraan ada dalam kondisi yang baik.

Banyak wisatawan yang sering datang dan pergi ke kawasan ini. Mereka bukanlah para pendaki profesional. Melainkan, para pemula yang ingin belajar merasakan sensasi seru naik Gunung. Pemandangan dari atas gunung ini sangat indah dan penuh sensasi. Di sekitar puncak Mahawu ini kita juga akan disuguhkan dengan dua buah puncak yang sudah dibangun. Dari puncak ini, kita bisa melihat kawah Tompaluan yang merupakan Kawah dari Gunung Api Lokon yang sering sekali meletus.

(Photo: Ria Felissa/BD)

Gunung Mahawu memang tidak terlalu tinggi, memiliki ketiggian hanya 1311 mdpl. Jalur pendakiannya pun juga sudah ramah, menggunakan anak tangga yang sudah dibangun jumlahnya kurang lebih 150 anak tangga. Menariknya lagi, awal titik pendakian berada di ketinggian 1200 mdpl. Sehingga untuk mencapai puncak gunung memerlukan waktu sekitar 10 menit saja. Waktu yang cukup singkat untuk sebuah pendakian bukan?

(Photo: Ria Felissa/BD)

Gunung Mahawu sendiri merupakan dua dari Gunung berapi yang ada di Tomohon. Hanya saja, Mahawu sudah tertidur lelap dan tidak aktif lagi. Jadi, banyak para pendaki menyukai kawasan ini. Udaranya memang dikenal sangat sejuk, kalau malam kawasan ini bisa turun dan mencapai suhu 20 derajat celcius, bahkan di musim kemarau bisa mencapai 15 derajat celcius lho. Selain itu Gunung Mahawu memiliki lebar 180 meter dengan kedalaman kawah 140 meter dan memiliki dua kerucut piroklastik di lereng utara, semuanya menyuguhkan keindahan bagi wisatawan. Bahkan dari puncak Gunung Mahawu kita bisa melihat pemandangan Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan masih banyak lagi pemandangan yang benar-benar eksotis dan cukup menawan.

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts

81 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.