(Beritadaerah – Komoditi) Tanaman hias merupakan salah satu komoditas yang mulai marak dikembangkan untuk ekspor. Salah satu yang dikembangkan oleh Badan penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), adalah tanaman Anggrek Vanda.

Anggrek Vanda yang kini sudah mudah dibudidayakan (Foto: Tety Wijaja/ Beritadaerah)

Anggrek Vanda yang dahulu kebanyakan merupakan tanaman impor dari Thailand, sekitar tahun 2010, kini banyak dibudidayakan di Indonesia. Balithi memang melakukan banyak penelitian untuk menemukan bibit unggul anggrek Vanda ini dengan tujuan menekan impor.

Diharapkan jenis anggrek yang memang tujuan pengembangannya untuk tujuan komersil ini, bersama dengan jenis anggrek lainnya menjadi komoditas ekspor anggrek bunga potong, yang selama ini diekspor ke negara-negara seperti Jepang, Jerman, Singapura bahkan Amerika Serikat.

Beberapa hal menarik tentang Anggrek Vanda yang perlu dikenali adalah habitatnya di pegunungan dan umumnya hidup dengan menempelkan akarnya pada pohon-pohon besar. Hembusan angin adalah sahabat bagi Anggrek Vanda untuk membantu kehidupannya. Tanaman cantik ini menyukai udara yang lembab, karena tidak mempunyai kemampuan menyimpan air, sehingga air yang terkandung dalam udara yang dibawa angin sangat dibutuhkan.

Si cantik anggrek Vanda menyukai daerah pegunungan yang lembab untuk bertumbuh (Foto: Tety Wijaja/ Beritadaerah)

Untuk tumbuh dengan baik, Anggrek Vanda memerlukan sinar matahari cukup tinggi sehingga proses fotosintesis untuk membentuk zat makanan dapat berlangsung dengan baik. Temperature udara yang cocok adalah maksimum27 derajat saat siang hari dan di bawah 21 derajat kala malam hari.

Kelebihan bunga anggrek ini selain kecantikan warna bunga dan eksotisnya akar-akar serta daunnya yang tertata rapi seperti kipas, juga bisa berbunga 2-3 kali setahun dengan ketahanan mekar cukup lama. Perawatannya pun tergolong tidak susah.

Anggrek Vanda perlu mendapat air yang cukup dan rutin, karena media tumbuh anggrek Vanda hanya berfungsi sebagai tempat penopang batangnya. Usahakan disiram dengan air bersih pada bagian daun dan akarnya dengan sprayer.

Nah satu lagi, agar tumbuh subur dan berbunga, anggrek Vanda dapat diberikan nutrisi yang mengandung unsur hara makro dan mikro yaitu pupuk bunga, sekitar 1-2 minggu sekali.

Tety Wijaja/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.