(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Arbanat atau lebih dikenal dengan sebutan “rambut nenek” adalah jajanan tradisional yang berasal dari kota Malang Jawa Timur, beberapa menyebut juga berasal dari Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Jajanan ini adalah salah satu jenis gulali, terbuat dari gula dan tepung yang saat ini semakin langka keberadaannya. Ketika masa sebelum pandemi, seringkali dijumpai di Sekolah Dasar sebagai salah satu jajanan favorit anak-anak sekolah. Kali ini kita akan menemui langsung salah satu pedagang jajanan legendaris ini di salah satu daerah di Jakarta Pusat.

(Photo: Ria Felissa/BD)

(Photo: Ria Felissa/BD)

Kakek Dasma adalah pedagang yang menjajakannya dengan gerobak dorong yang unik dan membuat sendiri adonan rambut nenek. Kebaikan dan keramahannya selalu membuat daya tarik bagi para pembeli di sekitar Jakarta Pusat ini. Tidak sedikit para pembeli yang menantikan kedatangannya setiap hari Jumat di daerah Jakarta Pusat untuk membeli dan juga menjadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah. Harga “rambut nenek” ini dia jual dengan harga terjangkau, dengan harga Rp. 5000 saja maka pembeli bisa mendapatkan porsi yang banyak. Bahkan khusus di hari Jumat kemarin bagi setiap pembelinya dia berikan juga bonus buah pisang manis yang dia panen langsung dari kebunnya.

Gulali jajanan tempo dulu ini sendiri ada beberapa jenis.

1. Gulali Cetak
Masih ingat, kita bisa pesan bentuk gulali, bentuk hati, bunga, hewan dan lain-lain.
Pembuatan memakai cetakan dan saat gulali dicetak, penjualnya akan meniup adonan gulali yang dicetak dan mengeluarkan bunyip seperti siulan.
Jenis gulali ini bisa dibilang tidak ada lagi yang menjualnya.

2. Gulali Gula Jawa
Gulali gula Jawa ini menggunakan gula Jawa sebagai bahan utamanya kemudian ditambah potongan kacang tanah. Rasanya manis, gurih, renyah, dengan sensasi kriuknya kacang.

3. Gulali Colek
Berbahan hampir sama dengan gulali gula Jawa. Gulali colek sangat lentur dan kenyal serta disajikan basah. Jadi, penjual harus menariknya ke sebuah tempat atau piring kecil, kemudian ditaburi kacang.

4.Gulali Rambut Nenek
Nah, gulali ini masih bertahan dengan berbagai kemasan kekinian.
Kita dapat temui di tempat umum seperti mall ataupun pesan melalui online.
Bahan utama dari gulali rambut nenek atau disebut juga arum manis adalah gula pasir dan tepung terigu.

(Photo: Ria Felissa/BD)

Umumnya gulali ini berwarna merah jambu tetapi masih ada juga yang berwarna krem muda seperti warna rambut nenek. Menikmati jajanan jadul “rambut nenek” ini bagi sebagian orang memberikan sensasi tersendiri, karena mengingatkan pada masa kecil. Itu sebabnya jajanan “Rambut Nenek” ini selalu dicari para penggemarnya, sebagai jajanan masa kecil yang legendaris.

Ria Felissa/Journalist/BD
Editor: Endah Caratri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.