(Beritadaerah – Industri Jasa) Kementerian Perindustrian dalam rangka mendorong pengembangan industri kreatif di tanah air, menyelenggarakan Creative Fest oleh Bali Creative Industry Center (BCIC). Festival kali ini digelar secara online pada 3-5 Desember 2020.

“Tema Creative Fest 2020 adalah The Challenge for Uncertainty Era. Melalui tema ini, kami ingin mengajak ekosistem industri kreatif di Indonesia agar turut berkontribusi dalam menghadapi tantangan saat ini,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (5/12/2020).

Rangkaian kegiatan Creative Fest 2020 di antaranya adalah Awarding IFCA 2020, Graduation Creative Business Incubator 2020, Creative Talkshow, Creative Workshop dan Pameran Produk Online melalui platform Tokopedia. Program ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian acara yang telah dilaksanakan oleh BCIC sepanjang tahun 2020.

Pada tahun ini, BCIC melaksanakan berbagai program, meliputi webinar dengan tema Strategi Bertahan terhadap Krisis pada April-Mei 2020. Selanjutnya, webinar tentang Strategi Menghadapi New Normal pada Juni 2020.

Selain itu, dilaksanakan berbagai webinar dalam rangka sosialisasi Program Creative Business Incubator 2020 pada bulan Juli sampai Agustus 2020, melalui Program Camp dan Coaching. Program lain adalah kompetisi IFCA 2020 yang bertujuan untuk mencari desainer muda berbakat yang peka terhadap tantangan era baru dalam menjaga keberlanjutan sektor kriya dan fesyen.

Rangkaian acara Creative Fest tahun ini berupa workshop strategi bisnis kreatif dengan menghadirkan berbagai pembicara dari Universitas Prasetiya Mulya. Juga diselenggarakan acara penganugerahan IFCA 2020 dan Kelulusan Creative Business Incubator 2020.

“Tidak hanya itu saja, sobat muda kreatif juga bisa mengikuti rangkaian acara Creative Workshop dan Creative Talkshow pada tanggal 6 Desember 2020 mulai pukul 11.00 – selesai yang bisa diakses melalui platform vidio.com dan Youtube Kementerian Perindustrian RI,” papar Gati.

Acara tersebut menghadirkan berbagai pembicara mulai dari pelaku industri kreatif hingga Pengampu Kebijakan Industri kreatif. Masyarakat juga bisa mendukung perkembangan industri kreatif tanah air dengan membeli produk tenant BCIC yang dipamerkan melalui platform Tokopedia dalam halaman Bangga Buatan Indonesia. “Dengan membeli produk buatan dalam negeri diharapkan kita akan mampu menggeser dominasi produk impor yang pada akhirnya akan mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Gati.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.