(Beritadaerah – Bandung) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung meluncurkan situs Invest.Bandung.go.id pada hari Selasa (1/12). Acara peluncuran tersebut bersamaan dengan perhelatan Bandung Investment Day 2020 di Hotel Grandia, Jalan Cihampelas, Bandung, Jawa Barat. Upaya ini merupakan bagian dari promosi dan menarik minat berinvestasi di Kota Bandung,

Melalui portal invest.Bandung.go.id, para investor dapat melihat potensi dan peluang usaha di Kota Bandung secara online dan transparan sehingga akan mempermudah para pemilik modal untuk menentukan jenis usaha yang akan dijalankannya, demikian menurut Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana,

“Melalui event ini, kami menawarkan berbagai potensi dan peluang kepada masyarakat, pengusaha dan investor untuk dimonetisasi. Tujuannya, bisa meningkatkan kesejahteraan warga kota,” kata Yana yang dikutip laman Jabarprov, Rabu (2/12).

Yana jelaskan, respon dunia usaha terhadap peluang yang ditawarkan pelayanan terpadu satu pintu sangatlah baik, terbukti dengan realisasi investasi tahun 2020 yang telah melebihi target. Investasi yang masuk ke Kota Bandung pada tahun 2020 sebesar Rp 5,65 triliun tapi realisasi sampai dengan triwulan III sudah di atas target yaitu mencapai Rp 9,522 triliun.

Ditambahkan Yana, capaian tersebut menjadi pemacu untuk terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik pada para investor, salah satunya dengan memperbaiki iklim usaha agar para pengusaha merasa betah dalam menjalankan bisnisnya. Dengan begitu ekonomi kota akan meningkat, jumlah pengangguran berkurang dan masyarakat miskin pun menyusut.

Sementara Kepala Dinas DPMPTSP Kota Bandung Ronny Ahmad Nurudin menjelaskan, selama tahun 2020 kami terus berupaya berinovasi dan berkolaborasi. Salah satunya aspek perencanaan yakni identifikasi dan pemetaan potensi serta peluang penanaman modal berdasarkan sektor usaha dan sub wilayah kota dan kecamatan.

Selain itu DPMPTSP juga memfasilitasi penyediaan proyek infrastruktur melalui skema kerjasama pemerintah dengan swasta (KPBU). Dalam aspek pelayanan, telah dilakukan upaya jemput bola, fasilitas pelayanan dan perizinan bagi usaha mikro, KUKM dan menengah di kantor-kantor kecamatan.

Sebelumnya pada pertengahan bulan November 2020, Pemerintah Provinsi Jabar bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2020. Beberapa proyek strategis seperti Pelabuhan Patimban di Subang dan juga pengembangan kawasan ekonomi khusus lainnya ditawarkan kepada investor. Hal ini nantinya bisa memberikan pertumbuhan ekonomi yang bagus untuk daerah Jabar.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.