(Beritadaerah – Yogyakarta) Yogyakarta terkenal memiliki banyak keunikan yang istimewa, salah satu di antaranya adalah karena angkringannya. Hampir di setiap sudut kota, terdapat warung angkringan yang menawarkan kuliner murah dengan porsi minimalis. Angkringan sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu angkring alat pikul atau gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan. Sekalipun angkringan ini bisa dikatakan kelas kaki lima, tetapi konsumen angkringan sangat bervariasi, mulai dari tukang becak, mahasiswa, karyawan, seniman, bahkan sampai pejabat dan eksekutif.

(Photo: Daniel O/BD)

Angkringan adalah bentuk UMKM yang telah menjadi ikoniknya Yogyakarta sebagai tujuan wisata. Sehingga keberadaannya perlu diangkat dengan ditempatkan di bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Bahkan hotel berbintang pun juga sudah sering menghadirkan angkringan dalam event kulinernya. Itu sebabnya “Angkringan Tugu Malioboro” merupakan sebuah program usaha angkringan yang ikonik karena ditempatkan di tempat yang bergengsi yaitu di Area Umum Bandara YIA, Kulon Progo, DIY.

(Photo: Daniel O/BD)

Salah seorang penjual UMKM yang Beritadaerah interview, Sri Rahayu menyampaikan bahwa “Kawasan ini memang jalur lalu lintas yang sangat srategis. Akan ada beberapa oulet/toko dan juga pentas-pentas pameran UMKM akan digelar disini. Dari pihak pengelola Kawasan Tugu Malioboro memang ini akan dipakai membantu masyarakat untuk dapat menjual/ mengenalkan produk disini terutama produk-produk lokal Kulonprogo dan Jogja.” Para pengunjung bandara YIA dapat menikmati kehadiran Angkringan Tugu Malioboro yang sudah dibuka sejak Agustus 2020.

(Photo: Daniel O/BD)

Seperti halnya angkringan pada umumnya, Angkringan Tugu Malioboro menyajikan aneka Nasi Kucing antara lain, nasi sambel teri, nasi oseng tempe, nasi kikil lombok ijo, nasi ayam kosek, serta bermacam gorengan, aneka jajan pasar, krupuk dan camilan. Untuk minuman, ada kopi tubruk special house blended, wedang tape ketan ijo. Juga tersedia aneka wedang rempah, seperti wedang jahe, wedang uwuh, wedang sere dan lain-lain. Semua produk-produk lokal Kulonprogo ini dijual dengan harga yang bisa dijangkau bagi para pengunjung Bandara YIA.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.