(Beritadaerah – Industri & Jasa) Gubernur Riau Syamsuar dalam acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) tahun 2020 di Rumah Sanur Creative Hub, kota Denpasar, Bali, Kamis (26/11/2020), menjadi keynote speaker.

Dalam sambutannya Gubernur Riau ini memaparkan serta mempromosikan produk wisata yang ada di Provinsi Riau, berupa kawasan strategis parawisata nasional (KSPN) khususnya yang berada di Pulau Rupat.

“Pulau Rupat ini ada sepanjang 24 kilometer yang pantainya pasir putih, dan tentunya ini persis seperti Lagoi (Pulau Lagoi di Bintan – red),” kata Syamsuar.

Gubernur Riau menyampaikan lebih lanjut perbedaan Pulau Lagoi dan Rupat. Kalau Pulau Lagoi berhadapan dengan Singapura sedangkan sedangkan Pulau Rupat berhadapan langsung dengan Selat Malaka. Jika cuaca bagus Malaka bisa kelihatan dari Pulau Rupat. “Sangat dekat sekali, persis seperti Lagoi dengan Singapura dan Pulau Rupat dengan Malaka,” ujar dia.

Ia berharap, ke depannya menteri ikut berperan membantu Provinsi Riau dalam mengembangkan parawisata yang menjadi kawasan strategis parawisata nasional agar lebih diminati dan banyak wisatawan berkunjung ke Pulau Rupat.

“Tentunya kita harapkan kerja sama dengan kementerian agar bisa dikembangkan wisata di Pulau Rupat ini,” ujar dia.

Selain itu, Syamsuar juga memaparkan potensi ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Riau seperti kuliner, pertunjukan, Kriya, Fashion, musik dan perfilman yang sangat potensil untuk dikembangkan.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.