(Beritadaerah – Garut) Penerapan digital tourism atau pariwisata digital merupakan salah satu strategi efektif untuk mempromosikan potensi unggulan suatu daerah melalui platform berbasis teknologi dengan target generasi milenial.

Dalam mengikuti perkembangan zaman, Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, akan menerapkan digital tourism pada semua destinasi wisata yang ada. Kabupaten Garut tahun depan akan menerapkan digital tourism demikian yang disampaikan oleh Kepala Disparbud Garut Budi Gan Gan Gumilar.

“Kalau disebutkan kalau jaman sekarang ini sangat radikal perubahannya, bagaimana misalnya gerakan besar untuk tahun-tahun yang akan datang itu adalah yang pertama itu kita sudah menetapkan bagaimana misalnya digital tourism. Digital tourism ini harus berbasis pada kolaborasi kepada kecerdasan buatan dengan kecerdasan manusia,” ujar Budi Gan Gan yang dikutip laman Jabarprov, Jumat (27/11).

Budi menyampaikan, nantinya jika digital tourism diterapkan para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Garut, bisa bertransaksi menggunakan uang digital (non tunai). Digital tourism akan menjawab kondisi dunia saat ini, sebagai contoh salah satu destinasi wisata di Garut seperti Situ Cangkuang. Nantinya wisatawan tidak perlu bawa uang cash/tunai, cukup dengan membawa uang digital. Prosesnya dengan menggunakan barcode dan sebagainya, sehingga semua transaksi dilakukan secara digital.

Ditambahkan oleh Budi, nantinya para wisatawan tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat destinasi wisata yang dituju, karena nantnya akan ada peta digital untuk memudahkan pengunjung selama berekreasi di Garut. Wisatawan akan mendapatkan kemudahan melalui peta digital untuk mencari lokasi wisata.

Sementara itu Sekretaris BPC PHRI Kabupaten Garut Fiki Radiansyah, mengatakan target wisatawan di Kabupaten Garut adalah wisatawan luar yang sudah terbiasa dengan pembayaran memakai e-money. Kedepan dengan adanya smart digital tourism ini, dapat menambah jumlah wisatawan di Kabupaten Garut serta membuat wisatawan merasa aman dan nyaman.

Kabupaten Garut memang memiliki sejumlah destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan seperti wisata alam Gunung Aniji, Bukit Palahlar, Curug Batu Nyusun, Leuwi Korsi, Pantai Manalusu, Kamojang Ecopark, Sentra Kerajinan Kulit, Blue Lagoon Cisewu, Desa Wisata Kampung Saung Ciburial, Situ Cangkuang dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.