(Beritadaerah – Wisata Nusantara)  Untuk sebuah negara sebesar Indonesia yang sangat kaya dengan keindahan alam dan ragam budaya, memang tidak ada habisnya kalau kita mendaftar spot wisata yang dapat dikunjungi. Belum lagi wisata belanja baik barang hasil kerajinan maupun makanan ringan khas daerah, atau wisata kuliner. Wah, memang tidak ada habisnya.

Kali ini mari kita berwisata belanja di Jakarta, tapi bukan makanan khas Betawi, yang cocok untuk dilakukan di masa pandemi. Apakah itu? Wisata belanja tanaman bunga anggrek di Sentra Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan. Sesuai namanya, ini adalah sentra di mana para pedagang menawarkan berbagai jenis tanaman hias dan bunga anggrek. Sentra ini memiliki sekitar 50 kapling yang berukuran masing-masing sekitar 800 m²-1.000 m².

Sentra Anggrek di Ragunan, Jakarta Selatan (Foto: Tan Yoh/ Beritadaerah)

Pada umumnya para pedagang menjual berbagai jenis anggrek, selain melengkapinya dengan aneka jenis tanaman hias lainnya baik untuk dipelihara atau untuk diberikan sebagai hadiah. Bahkan ada juga yang menyediakan jasa sewa tanaman untuk perkantoran. Selain tentu saja juga ada berbagai anggrek unik yang biasanya sangat diminati kalangan pecinta tanaman anggrek.

Anggrek bulan putih bercorak ungu (Foto: Tan Yoh/ Beritadaerah)

Anggrek yang dijual pun beragam, namun yang terbanyak adalah jenis Phalaenopsis Amabilis atau anggrek bulan. Anggrek bulan tersedia dalam berbagai warna: putih, ungu, peach, kuning, hijau, dengan berbagai varian corak.  Selebihnya ada juga yang menyediakan tanaman hias Dendrobium, Vanda, Cattleya, Oncidium, dan lain-lain.

Biasanya penjual mendisplay bunga anggrek dalam pot, dengan bebarapa kualifikasi seperti standar, super dan premium. Harga jual diperhitungkan per tangkai, minimal Rp. 90.000 per tangkai untuk anggrek bulan warna putih yang paling banyak tersedia.

Anggrek bulan warna pastel sangat cantik (Foto: Tan Yoh/ Beritadaerah)

Harga jual di sentra ini hampir sama untuk tiap-tiap kavling karena sudah ada patokan harga dari pengelola sentra anggrek. Para pedagang memastikan harga jual di sentra ini lebih rendah dibandingkan penjual anggrek di tempat lain.

Bagi Anda yang berkunjung untuk berbelanja ke area ini dipastikan mendapat ‘bonus’ yaitu berfoto berselfie ria dengan berbagai jenis anggrek yang luar biasa cantik dan menarik.

Anggrek bulan warna kuning (Foto: Tan Yoh/ Beritadaerah)

Tampak gambar-gambar di atas adalah contoh berbagai jenis anggrek bulan yang tersedia bagaikan hamparan taman bunga nan indah, sehingga pengunjung akan sangat betah berada di sentra anggrek ini. Di masa pandemi Covid-19 penjualan bunga di tempat ini boleh dikatakan masih eksis karena banyak peminat tanaman untuk mengisi kegiatan di rumah khususnya selama masa work from home dan belajar dengan sistim daring.

Anda penasaran? Silakan berkunjung bersama keluarga untuk berbelanja sekaligus menikmati keindahan tanaman bunga asli Indonesia yang sangat indah.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Tan Yoh/ Beritadaerah

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.