(Berita Daerah-Nasional)Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus melakukan sosialisasi mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Komite Penanganan Covid-19 dan  Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Pemko Batam menggelar pertunjukan virtual kesenian tradisional.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menjaga seni tradisional Melayu sebagai aset negeri dimasa pandemi global. Sekaligus sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan.

Tak hanya disampaikan melalui tarian-tarian Melayu, kampanye protokol kesehatan juga disampaikan dengan berpantun. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa semakin sadar dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan penanganan Covid-19 terus dilakukan. Sejak awal Pemko Batam terus berkomitmen dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah koordinasi dengan Pemprov Kepri, pemerintah pusat dan Forkompinda selama ini berjalan dengan baik dalam hal penanganan Covid-19,” kata Jefridin di Hotel Swiss-Bell Harbour Bay, Kamis (19/11/2020).

Batam kata dia berbeda dengan kota lainnya di Indonesia, pasalnya Batam merupakan pintu gerbang kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sejak Maret sudah ada puluhan ribu PMI yang pulang melalui Batam.

Karena itu Pemko Batam tidak hanya menangani masyarakat Batam itu sendiri, tapi juga PMI yang kembali ke Indonesia. Karena itu dalam hal penanganan Covid-19 pastinya berbeda dengan daerah lainnya.

“Bagi PMI yang punya uang kita tempatkan di hotel dengan biaya sendiri. Bagi yang tidak punya uang kita tempatkan di rusun dan semuanya kita tanggung,” jelasnya.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum mengapresiasi kegiatan pertunjukan virtual kesenian tradisional. Dalam sambutannya ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus terus dilakukan terlebih lagi saat berada di luar rumah. Dengan masyarakat yang patuh pihaknya yakin bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Batam.

“Selain fokus terhadap penanganan Covid-19, pemerintah saat ini juga tengah fokus terhadap pemulihan ekonomi. Karena keduanya harus berjalan berdampingan,” kata Syamsul.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Batam, Azril Apriansyah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata, Kepala Dinas Kesehatan, Didi Kusmarjadi dan sejumlah pejabat eselon II lainnya di lingkungan Pemko Batam.

Joey/Journalist/BD
Editor: Joseph Batubara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.