(Beritadaerah – Bandung) Dalam event West Java Investment Summit (WJIS) 2020 yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menawarkan beberapa pembangunan kota baru di Kawasan Rebana yang meliputi Subang, Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan dan Sumedang kepada investor. Nantinya ada 13 kota baru futuristik di Kawasan Rebana Metropolitan yang akan dibangun seperti Subang Smartpolitan, Grand Rebana City, Patimban Marine City dan lainnya.

Pada hari Rabu tanggal 18 November 2020, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil menyaksikan secara virtual groundbreaking ceremony Subang Smartpolitan oleh PT Suryacipta Swadaya dari Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Pemerintah Provinsi Jabar memproyeksikan pada tahun 2030, kawasan Rebana Metropolitan, termasuk Kabupaten Subang di dalamnya, akan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 5 persen dan menciptakan kurang lebih 4,3 juta lapangan pekerjaan baru. Hadirnya Subang Smartpolitan menjadi benchmark atau tolak ukur pembangunan di Rebana Metropolitan, demikian yang disampaikan oleh Kang Emil.

“Saya titip di masa depan kita harus mendesain kota yang selalu memiliki tiga nilai yaitu live, work, and play. Tinggal, bekerja, dan berekreasi di situ. Jika kita mendesain tempat bekerja saja tapi tempat tinggalnya jauh, akan terjadi commuting costs,” kata Kang Emil yang dikutip laman Jabarprov, Rabu (18/11).

Ditambahkan oleh Kang Emil, pemerintah daerah dapat mendorong kesuksesan kawasan ini dengan membantu marketing, regulasi, dan lainnya. Selain itu konektivitas Subang Smartpolitan disokong akses tol, pelabuhan internasional, hingga bandara internasional.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk. (SSIA) Johannes Suriadjaja mengatakan, pihaknya sudah puluhan tahun berpengalaman dalam mengembangkan kawasan, salah satunya Kuningan di Jakarta.

Kini melalui Subang Smartpolitan dengan nilai investasi mencapai lebih dari Rp 8 triliun, PT Suryacipta Swadaya di bawah naungan Surya Internusa Group berupaya menghadirkan kota industri yang berkelanjutan dengan teknologi mutakhir.

Dikatakan oleh Johannes, bahwa  kita akan jadi salah satu dari 13 kota baru di Rebana Metropolitan dan mungkin paling awal pembangunannya. Subang Smartpolitan nantinya akan menawarkan alokasi lahan untuk industri, komersial, hunian, area hijau, hingga fasilitas publik dengan konsep “Smart and Sustainable City” di area seluas 2.717 hektare.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.