(Beritadaerah – Riau) Gubernur Riau, H Syamsuar merasa bangga dengan event pariwisata Festival Subayang. Festival Subayang digelar pada tanggal 14-15 November 2020. Lokasi pelaksanaannya di kawasan Suaka Margasatwa (SM) bukit Rimbang, bukit Baling, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Guna mematuhi protokol kesehatan, peserta yang hadir ke lokasi acara, dibatasi hanya bagi 100 orang peserta atau wisatawan, dan telah disiapkan uji rapid swab untuk 150 sampel. Perhelatan ini menyajikan kegiatan explore destinasi wisata Batu Dinding dan acara seni pertunjukan yakni, pemutaran film pariwisata dan beberapa atraksi kesenian dari masyarakat lokal.

Kemudian, pada hari Minggu (15/11/2020) juga digelar beberapa rangkaian kegiatan yaitu, Field trip Rimbang Baling menelusuri sungai Subayang, prosesi budaya bukit harimau, makan bajambau dan panen ikan di lubuk larangan. Acara hanya digelar dua hari tapi event ini digunakan untuk promosi wisata daerah.

Gubernur Riau, H Syamsuar  hadir langsung di tepian Sungai Subayang, tepatnya di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan sampan bermotor menuju Desa Tanjung Beringin, dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.

Perjalanan di kawasan margasatwa ini menghadirkan pemandangan satwa liar jenis primata, monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), juga dapat dijumpai Siamang (Symphalangus syndactylus) dan Owa ungko (Hylobates agilis).

Pada kesempatan itu Syamsuar juga menyampaikan, bahwa kedatangannya di Festival Subayang 2020, juga mengajak Putri Indonesia Pariwisata 2017, Karina Nadila. Bertujuan guna membantu mempromosikan event itu.

Kabupaten Kampar memang memiliki kecantikan alam, keunikan kultur, bersatu dalam harmoni. Sejarah, ragam peninggalan, kuliner dan permainan anak negeri. Selain itu, Kampar berada di barisan terdepan dalam merespon dunia kepariwisataan. Lokasi Kampar juga strategis karena dekat dengan bandara dan Ibukota Propinsi.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.