(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Indonesia dikenal salah satunya dengan sebutan negara agraris, sebuah julukan bagi negara yang sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian di sektor pertanian. Di negara agraris, akan banyak ditemui fasilitas yang dibangun pemerintah untuk mendukung peningkatan hasil pangan dari sektor pertanian, salah satunya adalah waduk-waduk yang banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Waduk merupakan sebuah cekungan besar yang terisi air yang dihimpun dari air sungai aktif mengalir. Salah satu fungsi waduk adalah untuk pembangkit tenaga listrik dan juga menyimpan air yang dapat digunakan untuk mengairi lahan sawah (persawahan).

Indahnya Waduk Sermo di Kulonprogo – DIY (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Seiring dengan perkembangan pariwisata di Indonesia, waduk juga dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kali ini kita berkesempatan mengunjungi satu waduk yang terdapat di Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Kulon Progo, kita akan menemui waduk Sermo. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Yogya, kita membutuhkan waktu tempuh berkendara sekitar 1 jam. Fungsi waduk Sermo adalah sebagai sumber air bersih dan irigasi persawahan penduduk di daerah Wates.

Teduhnya suasana Waduk Sermo di Kulonprogo – DIY (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Sebagai tempat wisata, kenyamanan pengunjung di Waduk Sermo tentunya menjadi perhatian pihak pengelola sehingga disediakan antara lain fasilitas villa, warung makan, dan bagi yang hobi bertualang, kita dapat berkemah di area sekitar Waduk Sermo sehingga di pagi hari kita akan menikmati udara sejuk dan kabut putih di pagi hari. Keindahan ini semakin indah karena dipadukan dengan sajian pemandangan terbitnya matahari dari balik Pegunungan Menoreh.

Perahu sewa yang bisa digunakan pengunjung Waduk Sermo di Kulonprogo – DIY (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Bagi yang tidak ingin berkemah tapi juga ingin menikmati pemandangan sekitar waduk, pihak pengelola menyediakan perahu motor untuk kita sewa dengan harga sewa yang cukup terjangkau (Rp.30.000,-) kita akan puas meng-eksplor pesona view waduk yang merupakan kombinasi pemandangan gunung dan hutan yang menghijau. Tersedia juga spot untuk mengabadikan momen indah ini dengan berfoto ria, ber-selfie ria tentunya sayang untuk dilewatkan, kita cukup membayar sebesar Rp.10.000,- saja.

Bagi yang penasaran dan ingin merasakan sensasi wisata Waduk Sermo, silakan datang dan nikmati keseruan berwisata ke sana ya.

Susan Kevin/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani
Foto: Susan Kevin

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.