(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kabupaten Serang yang berada di Propinsi Banten memiliki banyak lokasi wisata yang bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah berkunjung ke tempat produksi batu fosil kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Kelebihan dan keunikan dari batu fosil Banten ini adalah berasal dari aneka jenis pohon yang usianya berabad-abad hingga menjadi bebatuan.

(Photo: Tan Yoh/BD)

Fosil pohon yang membatu dan kemudian diolah menjadi kerajinan bernilai tinggi ini banyak ditemukan di Cikande, sebuah daerah di ujung barat Pulau Jawa yang masih dalam teritorial Kabupaten Serang. Sehingga daerah ini memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi, terlebih lagi produksi batu fosil kerajinan Banten ini sekarang telah mendunia.

(Photo: Tan Yoh/BD)

Saat ini permintaan fosil untuk pasar mancanegara terus meningkat karena memiliki nilai seni tersendiri. Salah satu caranya adalah para pengrajin dapat menjual produknya ke luar negeri melalui agen perusahaan eksportir di Jakarta. Bahkan tidak sedikit juga warga asing yang langsung membeli dengan mendatangi lokasi kerajinan. Ada juga beberapa kolektor dari negara tertentu, seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, dan Jepang yang memesan dengan pengiriman paket.

(Photo: Tan Yoh/BD)

Untuk mengukir sebuah batu berukuran besar dibutuhkan waktu cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Prosesnya mulai dari membersihkan batu fosil, lalu mengukir, setelah itu dipoles, diamplas sebagai tahap akhir. Semuanya harus dilakukan dengan sabar dan telaten untuk mendapatkan nilai jual tinggi. Batu fosil ini dikreasikan dalam berbagai bentuk seperti meja, kursi, pot, patung atau hiasan seni di rumah/kantor yang bernilai tinggi.

(Photo: Tan Yoh/BD)

Semakin meningkatnya permintaan pasar dunia, maka para pengrajin batu fosil ini terus memproduksi hasil hasil kreasi yang memiliki seni tinggi. Kerajinan batu fosil ini telah menjadi kebanggaan bagi Banten dan juga telah memperkenalkan Banten ke daerah-daerah ataupun negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.