(Beritadaerah – Penggemar tanaman hias meningkat di masa pandemi Covid-19 ini. Dikarenakan adanya pembatasan kegiatan di luar rumah, maka banyak orang mencari kegiatan di dalam rumah, salah satunya adalah dengan berkebun.

Salah satu tanaman hias yang sedang digemari saat ini adalah Adenium atau Kamboja Jepang. Tanaman hias ini bukan berasal dari Kamboja atau Jepang seperti namanya. Tanaman hias ini berasal dari kota Aden yang merupakan ibu kota Yaman di Timur Tengah, karenanya sering disebut juga Mawar Padang Pasir atau Desert Rose. Di Indonesia tanaman hias ini dikenal dengan nama Kamboja Jepang.

 

Tanaman hias Adenium selain memiliki bunga yang indah, juga memiliki batang/akar yang unik sehingga bisa dijadikan tanaman bonsai. Selain itu tanaman hias ini mampu tumbuh di daerah yang kering dan mampu beradaptasi di segala tempat dan musim. Adenium bersama jenis tanaman hias lainnya merupakan komoditas ekspor yang cukup diminati.

Kementerian Pertanian (Kementan)  dalam upaya memacu dan meningkatkan volume ekspor pertanian, salah satu yang digalakkan adalah ekspor tanaman hias. Sampai saat ini Kementan melakukan ekspor tanaman hias ke 29 negara. Ratusan jenis tanaman hias kini telah menjadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

Elfi Manao/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Foto: Elfi Manao

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.