(Beritadaerah – Komoditi) Kabupaten Pati merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jepara di sebelah Utara, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora di sebelah Selatan, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di sebelah Barat, serta Kabupaten Rembang di sebelah Timur.

Banyak sekali potensi sumber daya alam di Kabupaten Pati yang bisa diandalkan. Kabupaten Pati ini secara topografi, wilayahnya dibedakan menjadi dataran rendah, pegunungan dan lereng serta gunung. Sektor pertanian menjadi tulang punggung ekonomi kabupaten ini terutama bahan tanaman pangan dan buah-buahan.

Area persawahan yang subur di Kota Pati (Foto: Dedi/ Kontributor Beritadaerah)

Pati Bumi Mina Tani, adalah semboyan yang menggambarkan cita-cita pemerintah awal Kabupaten Pati yang ingin memajukan dan mensejahterakan warganya dengan hasil bumi pertanian dan perikanan.

Adapun saat ini usaha Agroindustri juga turut dikembangkan. Tanaman sayur-sayuran juga tidak kalah dalam produksi, seperti bawang merah, jagung, kacang tanah, kacang hijau, hingga cabai banyak dibudidayakan di beberapa kecamatan.

Kegiatan masyarakat yang di lakukan masyarakat Kabupaten Pati sangatlah beragam, ada yang berprofesi sebagai petani, nelayan, PNS, buruh dan lain-lain.

Salah satu desa yang penduduknya menggarap sawah atau ladang adalah Desa Kembang, Kecamatan Duku. Masyarakat Desa Kembang kebanyakan petani tapi ada juga yang nelayan. Masyarakat juga sering tanam padi, jagung, semangka, melon, cabe dan berbagai macam tanaman lainnya. Betapa indahnya melihat padi-padi ini bertumbuh dan memberikan hasil yang bisa dinikmati masyarakat sekitar bahkan sampai ke luar Kabupaten Pati.

Septa Tobing/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

 

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.