(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Kebun Krisan Bandungan, terletak di Dusun Clapar Desa Duren Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Di tempat ini terdapat perkebunan bunga krisan beragam varietas. Tanaman Krisan sendiri merupakan tanaman bunga hias berupa perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) yang berasal dari dataran Cina. Lokasi di Indonesia yang banyak ditanam kebun krisan antara lain di: Cipanas, Cisarua, Sukabumi, Lembang (Jawa Barat), Bandungan (Jawa Tengah) dan Brastagi (Sumatera Utara).

(Photo: Togu/BD)

Bunga Krisan ini cocok sekali untuk ditanam di daerah tropis. Bunga ini akan bertumbuh dengan sangat baik di daerah yang memiliki suhu antara 20 hingga 26 derajat celcius. Hal ini merupakan salah satu syarat yang harus ada sebelum membudidayakan bunga krisan.Selain itu bunga krisan ini dapat bertumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 700 sampai 1200 meter dari permukaan laut dengan kelembapan yang cukup tinggi yaitu 90 sampai 95 persen.

(Photo: Togu/BD)

Di kampung ini ada sekitar 20 jenis bunga krisan yang ditanam di 180 green house sederhana berkontruksi bambu dan beratap plastik bening ini. Di tempat ini Anda bisa menikmati indahnya bunga Krisan yang berwarna-warni dengan suasana pedesaan yang masih asri. Udaranya yang segar sangat terasa sejuk, sambil menikmati bunga-bunga, Anda dapat merasakan sejuknya ada di kaki gunung Ungaran.

(Photo: Togu BD)

Obyek wisata ini tidak mahal tiket masuknya, seharga Rp. 10 ribu per orang. Tetapi di tempat yang indah dan penuh dengan bunga ini, Anda bisa selfie, bisa berkeliling diantara green house sederhana yang penuh dengan bunga-bunga cantik. Tentunya diingatkan pada pengunjung untuk berhati-hati menjaga jangan sampai tanaman bunga krisan ini rusak. Selain bunga bunga yang indah, tidak jauh dari situ juga ada lahan sayur sayuran hijau yang ditanam dan juga sangat menarik untuk dikunjungi.  Pemandangan yang indah dan udara yang segar, ditambah dengan warna warni bunga dan sayuran hijau yang ditanam di atas lahan terasering ini tentu akan membuat Anda selalu ingin untuk datang kembali.

(Photo: Togu/BD)

About The Author

Endah Caratri is a Senior Editor Vibiz Media Network, Partner of Management & Technology Services Vibiz Consulting.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.