KMP Takabonerate (Foto: Kemkominfo)

Empat Kapal Perintis Baru dari ASDP Siap Beroperasi

(Beritadaerah – Industri Jasa) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap mengoperasikan empat kapal perintis baru yang ditargetkan rampung pembangunannya pada tahun anggaran 2020 ini. Salah satunya adalah KMP Takabonerate yang berukuran 500 GT, telah selesai dibangun dan rencananya akan diserahterimakan pada Desember 2020 mendatang.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan, ASDP terus mendukung layanan angkutan penyeberangan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna meningkatkan pengembangan di wilayah tersebut. Apalagi, tahun ini ASDP meraih kontrak subsidi perintis senilai Rp377 Miliar yang ditargetkan dapat melayani 187 lintasan perintis di seluruh Indonesia dengan 73 unit kapal dan 76.654 trip.

Indonesia yang sangat kaya kepulauan, memerlukan angkutan penyeberangan perintis sebagai salah satu moda transportasi. Layanan ini juga menjadi jalan pembuka terisolasinya suatu daerah untuk menghubungkan daerah satu dengan lain guna meningkatkan perkembangan wilayah.

“Layanan perintis ASDP di sejumlah wilayah menjadi andalan dan selalu dinantikan. Tidak hanya mendukung konektivitas dan logistik, tetapi juga menjadi penunjang destinasi pariwisata di Indonesia,” tuturnya, Senin (9/11/2020).

ASDP menyanggupi untuk mengoperasikan 4 (empat) kapal perintis baru yang dibangun Kementerian Perhubungan ini, dimana keempatnya ditarget rampung pada tahun anggaran 2020.

“Rencananya, ASDP akan mengoperasikan 3 (tiga) unit KMP jenis Roro berukuran 200 GT untuk di Danau Toba, Danau Matano, dan Danau Towuti, serta 1 (satu) unit KMP jenis Roro berukuran 500 GT untuk Kepulauan Selayar, yakni KMP Takabonerate.

“Pada Rabu, 4 November 2020 lalu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi hadir di Galangan Kapal PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Makassar, Sulawesi Selatan untuk peluncuran KMP Takabonerate yang akan melayani Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan serta melakukan peletakan lunas (Keel laying) Ro-Ro 500 GT lintas Kaledupa – Tomia – Binongko, Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

KMP Takabonerate ini senilai Rp34,5 Miliar dengan kapasitas penumpang 265 orang dan ABK 18 orang. Sementara Kapal Ro-Ro 500 GT yang sedang dibuat untuk lintas Kaledupa – Tomia – Binongko bernilai kontrak Rp39,3 Miliar mampu mengangkut 265 orang penumpang dan 18 ABK.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani