Pulau Macan Salah Satu Destinasi Menarik di Kepulauan Seribu (Foto: Jakarta Tourist)

Pulau Macan Salah Satu Destinasi Menarik di Kepulauan Seribu

Jika anda penggemar laut, Pulau Macan menjadi destinasi yang tidak boleh terlewatkan dalam rangkaian petualangan anda di Kepulauan Seribu. Pulau Macan yang juga dikenal dengan Tiger Island merupakan sebuah resort private di Kepulauan Seribu. Yang membedakan pulau ini dengan pulau lainnya adalah konsep eco resort atau eco village yang mengutamakan relaksasi bagi pengunjungnya.

Pulau Macan – Resort (Foto: Jakarta Tourist)

Pulau Macan terdiri dari dua, yakni Pulau Macan Besar di mana eco resort berada dan yang satu lagi disebut Pulau Macan Kecil alias Pulau Macan Gundul. Saat air surut maka pulau kecil ini dapat terlihat dan dapat dijangkau hanya dengan berjalan kaki dari Pulau Macan Besar. Pulau Macan menyediakan nuansa liburan yang menyatu dengan alam. Pemandangan yang menyerupai pedesaan yang menyimpan unsur kesederhanaan menjadi favorit bagi turis mancanegara.

Fasilitas apa saja yang tersedia di Pulau Macan?
Sebagai eco resort Pulau Macan menawarkan konsep eco village, yaitu fasilitas akomodasi yang dikelola secara privat dengan beberapa tema yang berbeda. Anda dapat memilih berbagai type cottage, antara lain:
• Type Sunset Hut. Cottage ini menawarkan pemandangan sunset yang mempesona langsung dari kamar anda. Anda dapat membayangkan bersantai di kamar sambil menikmati indahnya saat sang surya terbenam di ufuk Barat.
• Red Brick Cottage menawarkan nuansa pedesaan yang khas, dengan penginapan yang didominasi warna merah bata.
• Eco Wood, cottage yang menonjolkan nuansa alami kayu. Anda dapat merasakan suasana yang nyaman dan hangat di sini.
• Drift Wood , cottage dengan nuansa kayu laut yang lebih kental. Anda akan menikmati suasana marine yang khas.
• Tent, cottage bertema tenda, menghadirkan nuansa camping alam yang pastinya memberikan kepuasan tersendiri.

Suasana Pulau Macan – Resort (Foto: Jakarta Tourist)

Fasilitas lainnya yang dapat anda jumpai adalah olah raga air. Pulau Macan terkenal akan keindahan alam bawah laut di mana banyak habitat ikan Nemo. Oleh sebab itu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pengunjung dapat menjelajah bwah laut dengan fasilitas snorkeling dan diving. Selain itu olah raga air yang juga seru seperti canoe, dan wind surfing.

Aktivitas lain yang dapat anda lakukan adalah Coral Planting. Aktivitas ini merupakan bagian dari pelestarian alam untuk menjaga lingkungan dan keberlangsungan habitat makhluk hidup di laut. Pengunjung diberi kesempatan untuk menanam koral-koral baru di sekitar pulau.

Sejumlah fasilitas yang ada di pulau ini dibangun dengan teknologi yang berbeda, misalnya:
• Teknologi solar cell buatan Jepang untuk mendistribusikan dan menyimpan energi listrik
• Pengelolaan limbah menjadi pupuk untuk taman dan kebun mini, atau proses daur ulang sampah yang menjadi daya Tarik tersendiri bagi pengunjung.

Karena sifatnya privat, pengelola tempat wisata ini membatasi jumlah pengunjung maksimum setiap harinya, dengan demikian Anda dapat menikmati suasana privasi dan ketenangan saat berlibur. Anda serasa berada di pulau privat milik sendiri saat anda berada di pulau Macan. Anda dapat rileks Bersama keluarga anda sambil berjemur di pantai dan menyaksikan indahnya sunset.

Perjalanan menuju Pulau Macan, dapat ditempuh dengan waktu 1,5 sampai 2 jam dengan menggunakan speed boat dengan tarif berkisar Rp. 100.000 – Rp 300.000 yang berangkat dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara dengan waktu operasional setiap hari pukul 07:00 – 16:00 WIB. Anda tidak perlu repot mengurus transportasi dan akomodasi sebab, pengelola Pulau Macan Eco Resort telah menyediakan paket all in untuk menikmati keindahan Pulau Macan.

Untuk mendapatkan paket lengkap mulai dari transportasi dari Dermaga Marina menuju Pulau Macan, menginap, makan hingga kembali ke Dermaga Marina tersedia dari harga mulai Rp 1.982.500 sampai Rp. 2.734.000 untuk weekend, dan Rp 1.867.500 hingga Rp 2.619.000 untuk weekdays.

Belinda Kosasih/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani