(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Daerah Istimewa Yogjakarya memang tidak pernah berhenti menawarkan wisata yang menarik, seperti pemandangan alam yang eksotik dan artistik. Salah satunya adalah Grojogan Watu Purbo terletak di Dusun Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Destinasi yang masih terhitung baru ini sebenarnya adalah aliran sungai Kali Krasak yang berhulu di Gunung Merapi. Alirannya terbentuk dari 6 buah sabo dam yang tersusun bertingkat dengan ketinggian 3 sampai 7 meter sehingga tercipta air terjun atau dalam bahasa Jawa disebut grojogan.

Grojogan Watu Purbo ini merupakan bekas dam/sabo yang dibangun sebagai bagian proyek Merapi tahun 1975. Secara fisik, bangunan ini dibuat 6 trap ke bawah / grojogan. Kemudian tahun 2017 muncul ide memanfatkan grojogan beraliran air yang deras, sebuah batu yang cukup tinggi, dan keindahan sekitarnya menjadi obyek wisata.

(Photo: Handoko/Kontributor BD)

Tempat ini juga menjanjikan spot foto selfi yang begitu menarik dengan aliran sungai serta taman bunga yang indah. Taman bunga dengan aneka ragam warna dilengkapi bungalow kecil untuk bersantai semakin menambah keindahan dari Grojogan Watu Purbo.

Selain menikmati Grojogan atau air terjun, wisatawan juga bisa menikmati arus sungai di bawah Grojokan Watu Purbo. Dimana air yang mengalir terasa dingin, dengan udara yang berhembus sejuk. Bahkan disini kita bisa bersantai sambil memancing ikan. Wah sungguh menarik untuk dikunjungi.

Kelebihannya lagi adalah wisatawan dapat menikmati kuliner pedesaan yang menggugah selera sambil menikmati latar belakang yang indah, yaitu pemandangan yang cantik dari Gunung Merapi. Terdapat deretan warung dari bambu yang menyajikan makanan dan minuman desa seperti sego kucing, aneka gorengan, mie ayam, bakso, es teh, jeruk panas dan lainnya.

(Photo: Handoko/Kontributor BD)

Pada masa new normal ini wisata Grojokan Watu Purbo sudah mulai dibuka lagi bagi para pengunjung. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker maupun mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan.

Debbie Kusuma/Journalist/BD
Editor: Endah Caratri

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.