(Beritadaerah – Industri & Jasa) Inovasi model bisnis terus dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara konsisten untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Diantaranya adalah KAI melakukan inovasi model bisnis melalui pengembangan kawasan Stasiun dan Integrasi Layanan dengan Taksi Bluebird. Hal ini merupakan wujud dukungan KAI terhadap prioritas Kementerian BUMN.

KAI telah melakukan kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT MRT Jakarta (Perseroda) melalui Stasiun Terpadu. Sudah dilakukan penataan pada Stasiun Tanah Abang, Sudirman, Pasar Senen, dan Juanda. Tujuan dari penataan ini adalah untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna kereta api saat akan menuju dan tiba di stasiun. Sehingga akses menuju dan dari stasiun lebih teratur serta dilengkapi integrasi antarmoda yang baik.

Diharapkan dengan adanya integrasi antarmoda tersebut, maka akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum karena kemudahan yang ditawarkan. Keberadaan Stasiun Terpadu itu sendiri juga akan meningkatkan nilai dari kawasan di sekitar stasiun.

Stasiun Pondok Ranji, Tangerang juga sudah melakukan pengembangan dimana KAI bersinergi dengan PT Jaya Real Property Tbk, groundbreaking-nya sudah dilaksanakan pada 10 Agustus 2020. Dengan sinergi ini maka Stasiun Pondok Ranji akan memiliki akses langsung ke wilayah perumahan Bintaro Jaya. Dengan adanya stasiun yang terpadu seperti ini tentunya akan membuat mobilitas masyarakat menjadi lebih efisien, mengurangi kemacetan, dan juga meningkatkan nilai masing-masing kawasan.

Stasiun-stasiun lainnya juga dapat menerapkan konsep kerjasama dengan pengembang perumahan dengan KAI seperti ini, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu sejak 16 September 2020, KAI memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan dengan menggandeng PT Blue Bird Tbk. Dengan adanya integrasi layanan ini, KAI memberikan aksesibilitas ekstra bagi para pelanggan KA Jarak Jauh yang menggunakan aplikasi KAI Access dan pelanggan Rail Express.

Setiap pelanggan KA Jarak Jauh akan mendapatkan opsi untuk memesan layanan taksi Bluebird pada aplikasi KAI Access langsung ketika pemesanan tiket. Hadirnya layanan ini akan memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi penumpang untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhirnya.

Sedangkan bagi pelanggan Rail Express, barang yang dikirim dapat langsung di pick-up oleh Taksi Blue Bird dari stasiun kedatangan langsung ke tujuan akhir pengiriman. Sehingga penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk mengambil barangnya.

Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini merupakan upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh. Melalui inovasi model bisnis yang terus dikembangkan ini diharapkan BUMN akan menjadi penggerak perekonomian nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.