(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Keindahan yang tak terkatakan melihat segala yang mempesona berdekatan dengan awan-awan putih yang berbuih-buih seperti ombak di lautan biru.

Tersembunyi namun tersohor begitulah Gunung Bijih adanya. Dalam bahasa Belanda disebut juga Ertsberg. Merupakan gunung setinggi 3600 meter di Papua.

Berada di ketinggian Gunung Bijih Papua, awan ada di bawah kita (Foto: Klemens/ Kontributor Beritadaerah)

Gunung ini begitu menantang para pendaki handal maupun pemula. Beberapa pendaki awal yang melakukan perjalan pendakian penuh misi adalah Jean Jacques Dozy yang merupakan geolog muda kebangsaan Belanda, Anton Colijn, dan Frits Julius Wissel pada tahun 1936. Mereka adalah rombongan pendaki penjelajah dengan mandiri membiayai seluruh akomodasi penjelajahan dengan tujuan utama mendaki gletser Cartensz.

Penjelajahan mereka menghasilkan penemuan kawasan penuh dengan kekayaan alam yang tak ternilai. Gunung Bijih ini akhirnya ditemukan begitu sangat memukau dengan segala kekayaan tembaga dan nikel dan hasil tambang lainnya.

Seakan menari di atas awan dari ketinggian Gunung Bijih Papua (Foto: Klemens/ Kontributor Beritadaerah)

Dari ketinggian Gunung Bijih ini kita dapat melihat segala kebesaran Sang Pencipta yang telah menjadi sumber keindahan dan kemegahan alam semesta. Pengalaman yang tak akan terlupakan.

Septa Tobing/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.