(Beritadaerah – Nasional) PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung akan peningkatan nilai ekonomi dan dampak sosial di masa krisis ini melalui Program Mitra Binaan bagi UMKM dan menghadirkan layanan Rail Express. Sampai dengan bulan September 2020, KAI telah menyalurkan bantuan kepada 2.438 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Mitra Binaan KAI yang tersebar di berbagai wilayah. UMKM tersebut meliputi 7 sektor yaitu sektor Industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan jasa. Pada 2020 ini, KAI memprogramkan dana yang tersalurkan adalah Rp9,4 miliar, naik 8% dibandingkan dengan tahun 2019 sebesar Rp8,7 miliar.

Selain memberikan pembiayaan modal usaha, KAI juga melakukan pembinaan dan pelatihan oleh pakar di bidang masing-masing. Pelatihan tersebut meliputi proses produksi, pengemasan produk, pemasaran, dan sebagainya. KAI mengharapkan setiap UKM binaannya semakin berkembang usahanya. Ketika ekonomi sektor UKM terus berjalan maka akan mendukung pemulihan peroknomian nasional.

Selain itu KAI juga ikut berperan serta dalam masyarakat terkait ketahanan pangan nasional dengan menghadirkan layanan Rail Express. Rail Express merupakan layanan KAI untuk jasa angkutan retail station to station dan station to point dengan harga terjangkau yang tersedia di 60 stasiun. Misalnya, untuk rute Jakarta ke Bandung hanya Rp600/kg, Jakarta ke Surabaya cuma Rp1.500/kg dan Jakarta ke Malang hanya Rp1.700/kg. Tarif minimal yang dikenakan kepada pelanggan adalah 5 kg. Sedangkan untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.

Sampai dengan akhir September KAI telah mengangkut 3.462 ton bahan pangan yang terdiri dari bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Peggunaan Rail Express ini semakin dipercaya masyarakat dari waktu ke waktu, terbukti dengan jumlah angkutan pangan pada bulan September 2020 mencapai 788 Ton, naik 22% dibanding Agustus yaitu 647 Ton.

Selain bahan pangan, Rail Express juga melayani hampir semua jenis angkutan retail lainnya, seperti paket, motor, produk UMKM, e-commerce, dan lainnya. Sampai dengan September 2020, Rail Express telah melayani 95 ribu ton barang. Jumlahnya juga terus naik dimana pada periode September 2020, KAI telah melayani 11.792 ton barang retail, naik 8% dibanding Agustus 2020 sebesar 10.875 ton.

KAI mengharapkan melalui layanan Rail Expres ini akan dapat mendukung ketahanan pangan nasional dimana KAI menyediakan layanan distribusi logistik menggunakan kereta api yang murah, cepat, dan aman.

One Response

  1. see this here

    186896 866080Great beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a weblog website? The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept 363597

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.