(Beritadaerah – Nasional) Indonesia hari ini telah sembilan puluh dua tahun lamanya, sejak 28 Oktober 1928, dimana saat itu para pemuda dari seluruh Nusantara berkumpul mengumandangkan ikrar bersama tentang persatuan Indonesia.

“Mereka melupakan perbedaan, mengumandangkan ikrar bersama, seraya menganyam impian tentang Indonesia yang bertanah air, berbangsa, dan berbahasa yang satu: Indonesia,” tulis Presiden Joko Widodo dalam akun Facebook pribadinya, Sabtu (28/10).

Presiden menyatakan bahwa ikrar para pemuda Indonesia di tahun 1928 itu masih bergemagga sekarang. “Semangat, tekad, dan cita-cita pemuda Indonesia tetap menyala-nyala. Mari, bersatu melewati masa-masa sulit pandemi ini, bangkit dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung meyakini para pemuda adalah kekuatan bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju. “Dengan bonus demografi pemuda yang lebih besar maka sudah saatnya Indonesia menjadi bangsa yang juara,” ujarnya

Untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelorakan semangat “Bersatu dan Bangkit” sebagai tema Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 yang diperingati dengan suasana keprihatinan di tengah pandemi Covid-19 ini. Namun kondisi ini tentu saja tidak menyurutkan semangat pemuda kita untuk terus maju.

Emy T/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.