(Beritadaerah – Wisata Nusantara) Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini dimana kita memilih untuk lebih banyak tinggal di rumah, saya yang tinggal di kota, rasanya senang sekali kali ini ada kesempatan mengunjungi salah satu tempat rekreasi alam yang sudah dapat dinikmati di masa pandemi saat ini (tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang harus ditaati).

Suasana Danau Rawa Pening (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Satu tempat wisata alam yang mengingatkan pada masa kecil tinggal di desa ini adalah Danau Rawa Pening yang berada di area Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kata pening adalah bahasa Jawa yang artinya bening. Memiliki luas 2.670 hektare, Danau Rawa Pening adalah sebuah danau alam yang terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Lokasi danau ini mudah dijangkau karena berada persis di tepi jalan raya Solo-Semarang atau Salatiga-Semarang.

Ketika memasuki lokasi Danau Rawa Pening dari pintu masuk Kampoeng Rawa (kawasan desa wisata terpadu) yang mengambil lokasi di satu sudut danau ini, maka pengunjung disuguhi dengan pemandangan yang dahulu kita bayangkan di masa kanak-kanak yang sungguh indah. Ada latar belakang pemandangan gunung, di sepanjang jalan masuk kita disuguhi dengan area sawah hijau dengan buliran padi yang sebagian sudah menguning dan tak lupa tentunya pesona danau itu sendiri. Kombinasi panorama alam yang sungguh eksotis di waktu pagi cerah bukan?

Perahu motor yang disewakan dengan kapasitas maksimal 8 orang di Danau Rawa Pening (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Jika ingin mengeksplore keindahan danau ini, tersedia penyewaan perahu motor dengan kapasitas maksimal 8 orang dengan harga Rp.100.000,- (weekday) atau Rp.110.000,- (week end/hari libur). Cukup murah bukan?
Kita dapat menyaksikan di pagi hari ini kesibukan penduduk sekitar danau ini yang beraktivitas di danau ini dengan perahunya.

Lokasi pemancingan dan restoran lesehan di area Danau Rawa Pening (Foto: Susan Kevin/ Kontributor Beritadaerah)

Setelah puas berkeliling dengan perahu, jika perut sudah terasa lapar, di Kampoeng Rawa ini banyak tersedia lokasi yang menyajikan makanan, salah satunya adalah rumah makan apung. Bagi yang membawa anak-anak tersedia wahana permainan anak-anak, wisata memancing di kolam dan yang tidak kalah menarik dan sayang tentunya untuk dilewatkan adalah adanya beberapa spot untuk foto selfie. Sungguh mengasyikkan bukan? Jangan lupa sebelum pulang, kita dapat membeli buah tangan oleh-oleh yang banyak dijual di lokasi ini.

Yuk, jika ada kesempatan, silakan berkunjung ke tempat wisata Danau Rawa Pening.

 

Susan Kevin/Journalist/BD
Editor: Emy Trimahanani

About The Author

Editor of Vibiz Media Network and Head of Vibiz Learning Center

Related Posts

11 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.