(Beritadaerah – Jakarta) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam hal ini  melakukan kunjungan ke PT Pindad (Persero) di Bandung, Jawa Barat. Dalam kunjungan ini Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Pemrograman Direktorat Jembatan Kementerian PUPR Bowo Sudiatmanto diterima oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose yang didampingi oleh Heri Heriswan selaku Direktur Bisnis Industrial.

Kunjungan ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana proses manufaktur  excavator Pindad Excava 200 (20 ton) sebanyak 20 unit, dengan nilai kontrak sebesar Rp 28,056,000,000,- (dua Puluh Delapan Miliar Lima Puluh Enam Juta Rupiah).

Nantinya excavator Pindad Excava 200 akan dihibahkan kepada dinas-dinas daerah yang berprestasi untuk membantu pembangunan infrastruktur daerah guna menunjang pemerataan ekonomi maupun mitigasi bencana.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Abraham Mose menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang konsisten memprioritaskan penggunaan produk dalam negeri.

“Terimakasih atas kepercayaan Kementerian PUPR atas produk dalam negeri. Merupakan komitmen Pindad bahwa dalam pelaksanaannya apabila terdapat kekurangan, keluhan dan saran disampaikan untuk terus melakukan pengembangan kualitas produk karena pelayanan kepada konsumen kami utamakan,” ujar Abraham yang dikutip laman BUMN, Jumat (23/10).

Abraham juga menyampaikan mudah-mudahan kerjasama yang terjalin dengan baik akan terus berlanjut dan memberikan manfaat untuk bangsa.

Sementara itu Bowo Sudiatmanto menyampaikan apresiasinya untuk Pindad. Kontrak pengadaan yang sedang berlangsung ini merupakan kali kedua untuk kontrak dengan Pindad yang sebelumnya terlaksana di tahun 2018. Tahun depan direncanakan akan dilakukan kontrak pengadaan ke Pindad, sesuai dengan arahan Menteri PUPR untuk menggunakan alat berat produk dalam negeri.

Acara dilanjutkan dengan meninjau fasilitas produksi alat berat Pindad serta varian produk yang telah dihasilkannya. Adapun untuk varian excavator, Pindad telah menghasilkan Excava Amphibious, Excavator Mini dan Long Arm. Pindad akan terus mengembangkan produk-produk industrial untuk mendukung pembangunan nasional.

PT Pindad (Persero) merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) dan produk komersial, seperti produk senjata dan munisi, kendaraan khusus, alat berat, sarana pembangkit, peralatan kapal laut, jasa dan lainnya.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu

About The Author

Fu Handi is a Partner of Management and Technology Services at Vibiz Consulting and Editor of beritadaerah.co.id. He is also working as trainer and consultant at LEPMIDA (Regional Investment and Management Development Institute).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.